Kamis, 28 Maret 2024
Vika Widiastuti | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana : Senin, 25 Februari 2019 | 12:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Seorang wanita asal Florida, Cinddy Biddle (42), kehilangan cuping hidungnya. Insiden itu berawal dari bintik di hidung yang ia kira kulit kering, tetapi ternyata kanker.

"Aku mencoba memberinya pelembap dan tidak berhasil, jadi aku mengelupas noda itu sampai berdarah. Kondisinya malah sama sekali tak membaik," kata Cindy, dikutip dari Metro, Minggu (24/2/2019).

Awalnya dokter mendiagnosis Cindy terkena infeksi dan memberinya antibiotik. Namun, kemudian muncul kulit kering lagi di wajah Cindy hingga menjadi luka terbuka.

Dua minggu kemudian, setelah disarankan dokter lain untuk periksa ke dermatologis atau dokter kulit, Cindy didiagnosis menderita kanker kulit yang disebabkan oleh paparan sinar UV yang berlebihan. Bintik di pinggir hidungnya itu ternyata karsinoma sel basal yang mematikan.

Cindy Biddle - (Facebook/Cindy Biddle)

Tim medis bahkan mengatakan, kanker di wajahnya kemungkinan sudah ada sejak Cindy berusia 12 tahun.

Wanita yang berprofesi sebagai guru itu menjelaskan, ia memang pernah bekerja sebagai bartender dan harus berlama-lama terkena sinar matahari di pantai. Namun, selama ini ia tak begitu peduli untuk melindungi kulitnya dari matahari.

Ibu tiga anak ini pun menjalani bedah radikal untuk mengangkat tumor, yang kemudian dilanjutkan dengan prosedur operasi untuk mengganti cuping hidung kirinya. Para dokter membuat lubang hidung Cindy menggunakan lipatan kulit dari dahinya.

"Aku harus melalui prosedur-prosedur ini, kalau tidak, wajahku bisa hancur semua. Aku bisa saja kehilangan satu mata atau semua hidungku," ungkap Cindy.

BACA SELANJUTNYA

Kanker Tenggorokan dan Amandel Berkaitan Erat dengan Seks Oral, Waspadai Dampaknya!