Jum'at, 19 April 2024
Rauhanda Riyantama : Sabtu, 10 November 2018 | 13:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Umumnya, momen putus cinta merupakan hal yang paling menyakitkan. Selain membuat hati seperti tersayat-sayat, juga membuat pikiran tak tenang

Namun tak usah khawatir, bila terlalu berat kamu bisa mencurahkan isi hati kepada orang lain. Pasalnya, memendam masalah sendiri terlalu lama dapat berdampak buruk pada psikologis, seperti mudah marah atau berpikir tak rasional.   

Nah, seperti dirangkum dari laman Dewiku.com, berikut beberapa alasan penting mengapa kamu harus curhat kepada orang lain.

1. Bisa lebih mencintai diri sendiri

Menumpuk masalah hanya akan membuat pikiran menjadi tak sehat dan emosi jadi naik-turun. Parahnya lagi, bisa saja emosimu meledak saat waktu dan kondisi yang tak tepat.

Memilih curhat pada orang lain tidak bakal membuatmu kelihatan lemah. Malah kamu bisa menghargai waktu dan pikiran yang kamu miliki dengan berbagai pikiran dengan orang lain.

2. Jadi lebih dekat dengan teman atau pacar

Saat ingin curhat, tentunya orang yang di dalam pikiranmu kalau nggak pacar ya teman terdekat, kan? Tanpa sadar kamu akan memikirkan mereka karena mereka bisa lebih mengerti dirimu daripada orang lain.

Semakin sering kamu curhat dengan mereka, kamu semakin bisa lebih dekat dengan orang yang kamu sayangi.

Ilustrasi curhat. (pixabay)

3. Bisa lebih menghargai orang lain

Terbiasa menyimpan masalah sendiri itu tidak baik. Orang lain akan bingung dengan sikapmu yang kelihatan aneh.

Dengan bercerita kepada orang lain, kamu bisa punya sudut pandang yang baru dan menghargai perhatian dari mereka yang menanyakan keadaanmu.

4. Mendapatkan solusi

Pada umumnya ketika ada masalah, kamu akan mencari tahu bagaimana masalah itu terjadi dan bagaimana menemukan solusinya. Jika kamu curhat kepada orang lain terutama orang-orang di dekatmu, mereka akan memberikan saran dan masukan yang bisa kamu jadikan solusi atas masalah yang terjadi.

5. Jadi lebih lega dan tenang

Salah satu alasan mengapa kamu harus curhat dengan orang lain adalah kamu jadi lebih lega dan tenang. Mengeluarkan segala keluh kesah pastinya bisa meredakan emosi dan mengembalikan mood.

Tentunya saat mendapatkan saran dan masukan dari orang lain, pikiranmu akan terasa lebih ringan dan bahagia karena orang lain mau mendengarkanmu.

Itulah beberapa pentingnya kamu curhat di kala gundah gulana. Semoga bermanfaat!

 

Artikel terkait dimuat Dewiku.com dengan judul: Jangan Pendam Sendiri, Ini 5 Alasan Kamu Harus Curhat

BACA SELANJUTNYA

Menilik Pengaruh Positif Pandemi Terhadap Kondisi Psikologis Seseorang