Minggu, 31 Mei 2020
Rauhanda Riyantama : Sabtu, 20 Oktober 2018 | 13:15 WIB

Himedik.com - Pada sebuah kesempatan, Himedik berhasil mewawancarai seorang ibu paruh baya yang mengaku mengidap penyakit autoimun. Akibatnya ia mengeluh kedinginan setiap saat, padahal cuaca saat itu sedang panas-panasnya.

Penyakit autoimun yang menyerang ibu tersebut nampaknya sudah terlewat parah. Sampai-sampai, ibu yang tak mau disebutkan namanya itu memakai baju tebal beserta jaket dan syal sebagai pelengkap.

Nah, berkaca dari kasus tersebut, sebenarnya apa sih penyakit autoimun? Dirangkum dari Hellosehat, autoimun merupakan penyakit yang terjadi akibat sistem kekebalan tubuh (sistem imun) menyerang sel-sel sehat dalam tubuh sendiri. 

Penyakit ini berkembang ketika sistem kekebalan tubuh salah dalam menilai sel sehat yang ada dalam tubuh, dan justru menganggapnya sebagai zat asing. Akibatnya, tubuh mulai memproduksi antibodi yang akan menyerang dan merusak sel sehat dalam tubuh tersebut.

Sementara itu, penyebab pasti mengapa sistem imun menyerang sel sehat dalam tubuh belum diketahui. 

Perlu diketahui juga, penyakit autoimun dapat memengaruhi hampir semua bagian tubuh, termasuk otak, saraf, otot, kulit, sendi, mata, jantung, paru-paru, ginjal, saluran pencernaan, kelenjar, dan pembuluh darah. Ada sebanyak 80 jenis penyakit autoimun.

Bergantung pada jenisnya, penyakit autoimun ini dapat memengaruhi satu atau banyak jaringan tubuh. Hal ini menyebabkan pertumbuhan organ menjadi abnormal dan mengakibatkan perubahan fungsi pada organ.

Pengobatan untuk  penyakit autoimun berfokus pada mengurangi gejala dan aktivitas sistem imun karena tidak ada pengobatan yang benar-benar bisa menyembuhkannya.