Selasa, 30 April 2024
Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere : Kamis, 09 Agustus 2018 | 15:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Saat hamil, pastikan buah dan sayur selalu ada di kulkas atau lemari makanan. Pasalnya, saat kehamilan tubuh sangat membutuhkan asupan nutrisi serta serat untuk perkembangan sang buah hati.

Menurut pantauan HiMedik dalam laman babycenter, vitamin utama yang disuplai oleh buah dan sayur meliputi beta karoten untuk perkembangan sel dan jaringan sang buah hati.

Vitamin C untuk tulang dan gigi bayi, kalium untuk mengatur tekanan darah serta asam folat untuk membantu mencegah cacat saraf dan meningkatkan berat badan sehat pada bayi.

Lalu, berapa banyak yang harus kamu makan? Disarankan kamu mengonsumsi 2 cangkir buah dan 2 1/2 hingga 3 mangkuk sayur setiap hari.

1. Satu mangkuk sayuran mentah atau yang sudah dimasak

2. Dua cangkir sayuran hijau (atau 1 cangkir sayuran hijau dan 1/2 cangkir sayuran lainnya)

3. Dua buah pisang kecil (kurang dari 6 inci) atau satu besar (8 hingga 9 inci)

4. Setengah cangkir buah kering

5. Satu buah ukuran sedang hingga besar (satu jeruk besar, satu pir sedang atau grapefruit, dua plum besar, setengah apel besar)

6. Satu cangkir jus buah 100 persen, jus sayur atau jus sayuran buah

Wanita hamil/unsplash

Buah yang baik untuk kamu saat hamil adalah, aprikot, alpukat, bluberi, blewah, ceri, jeruk bali, anggur, jambu biji, kiwi, mangga, pepaya, pir, nanas, raspberry, stroberi, jeruk keprok, dan semangka.

Sementara untuk sayuran, asparagus, paprika, brokoli, kacang hijau, selada, sawi, bayam, lobak, labu kuning, bit, tomat dan ubi jalar.

Jus. (pexels)

Untuk mendapatkan nutrisi maksimum, sertakan lebih banyak sayuran hijau. Variasikan dengan sayuran berwarna lain. Jika kamu bosan, kamu bisa konsumsi dengan yogurt (dibuat smoothies). Hindari buah yang dikemas dalam cairan bergula.

BACA SELANJUTNYA

Tingkatkan Kadar Glukosa, Penderita Diabetes Tipe 2 Harus Hindari Olahan Buah Ini!