Jum'at, 19 April 2024
Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni : Rabu, 02 Desember 2020 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dinyatakan positif virus corona Covid-19 setelah melakukan tes usap atau swab test pada Senin (30/11/2020) siang.

Anies pun mengikuti arahan tim medis untuk isolasi mandiri di tempat yang terpisah dengan keluarganya dan akan tinggal sendirian. Sementara itu, keluarganya akan tetap berada di kediaman pribadinya.

“Setelah berkonsultasi dan sesuai dengan arahan dokter, saya akan menjalani isolasi mandiri dan mengikuti prosedur pengobatan yang ditetapkan tim medis,” ujar Anies dalam keterangan tertulis, Selasa (1/12/2020).

Anies pun meminta agar masyarakat semakin patuh terhadap protokol kesehatan 3M untuk mencegah penularan virus corona, yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan di air mengalir.

Perlu diingat kembali, SARS-CoV-2 yang mengakibatkan virus corona Covid-19 bisa menyebar dari orang ke orang melalui kontaminasi tetesan pernapasan atau droplet orang yang terinfeksi.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan [Twitter@@aniesbaswedan]

Berdasarkan buku saku dari Satuan Tugas (Satgas) penanganan Covid-19 di Indonesia, virus corona Covid-19 ini bisa menular lewat beberapa cara, antara lain:

1. Droplet

Droplet atau percikan cairan pernapasan ketika orang yang terinfeksi batuk, bersin, bicara atau tertawa bisa mengontaminasi dan menular ke orang lain yang berada di dekatnya.

Droplet juga bisa mengandung partikel kecil virus corona yang mampu bertahan lama di udara dan terhirup oleh orang lain. Karena itu, ahli selalu menyarankan untuk memakai masker selama keluar rumah.

2. Kontak fisik

Penularan virus corona Covid-19 juga bisa menular dengan cara kontak fisik dengan orang lain yang tidak tinggal satu rumah, seperti berjabat tangan, berpelukan atau mencium area wajah.

Karena itu, semua orang disarankan untuk menjaga jarak setidaknya 1,5 meter tanpa kontak fisik untuk mencegah penularan virus corona.

3. Permukaan

Virus corona Covid-19 juga bisa menular dan menyebar dengan cara menyentuh permukaan yang terkontaminasi. Karena, virus corona Covid-19 bisa bertahan lama di permukaan benda, terutama permukaan yang sering disentuh.

Karena itu, sebisa mungkin tidak menyentuh permukaan menggunakan tangan melainkan siku. Jika Anda menyentuh sesuatu dengan tangan, pastikan langsung mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir.

 

BACA SELANJUTNYA

Virus Corona Covid-19 Juga Berdampak Buruk Pada Kesehatan Tulang, ini 3 Efeknya!