Jum'at, 29 Maret 2024
Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni : Minggu, 29 November 2020 | 17:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Imam besar FPI, Habib Rizieq Shihab sedang menjalani perawatan di RS Ummi, Kota Bogor, Jawa Barat sejak Kamis (26/11/2020) kemarin.

Wali Kota Bogor, Bima Arya yang membenarkan kabar tersebut mengatakan sejauh ini kondisi Rizieq Shihab baik-baik saja dan masih diobservasi. Ia mengatakan, imam besar FPI itu masuk rumah sakit karena kelelahan.

"Saya sudah komunikasi dengan pimpinan RS Ummi. Betul (dirawat), Habib Rizieq masuk kemarin. Beliau kelelahan," kata Bima saat dihubungi Suara.com, Kamis (26/11/2020).

Kelelahan seperti yang dialami oleh Rizieq Shihab tergolong wajar bila terlalu banyak melakukan aktivitas fisik. Sehingga seseorang pasti membutuhkan waktu untuk istirahat.

Kondisi ini bisa dialami oleh semua orang dari tingkatkan paling ringan hingga berat. Tapi dilansir dari Hellosehat, Anda juga perlu tahu 3 penyebab utama kelelahan.

1. Masalah kesehatan

Kelelahan bisa disebabkan oleh masalah kesehatan seperti anemia, diabetes, masalah tiroid, penyakit seliaka, sleep apnea, rematik, alergi, intoleransi makanan hingga penyakit jantung.

Selain itu, masalah kelebihan berat badan dan kurang berat badan juga bisa menyebabkan kelelahan. Ibu hamil juga umumnya akan mengalami kelelahan.

2. Masalah psikologi

Kelelahan juga bisa terjadi akibat masalah psikologis, seperti kecemasan. Karena, kecemasan bisa menyebabkan seseorang insomnia yang akan mengakibatkan kelelahan bila tak ditangani dengan baik.

Kekhawatiran mengenai pekerjaan, keuangan, asmara dan masalah kehidupan juga bisa menyebabkan kelelahan. Karena, rasa khawatir ini bisa menguras energi dan tidur kurang nyenyak.

3. Gaya hidup

Kelelahan bisa disebabkan oleh faktor gaya hidup, yang mungkin tidak seberat masalah kesehatan maupun psikologi. Tapi, gaya hidup tentunya akan berdampak pada masalah kesehatan dan psikologi.

Orang yang kelelahan karena faktor gaya hidup mungkin memiliki kebiasaan merokok, konsumsi minuman beralkohol, memiliki pola makan buruk dan sering begadang.

Selain itu, kurang bergerak dan olahraga, kurang minum, kurang zat besi dan sering mengonsumsi junk food juga menyebabkan kelelahan.

BACA SELANJUTNYA

Dokter Memperingatkan Gejala Dominan dari Virus Corona Varian Omicron