Minggu, 28 April 2024
Shevinna Putti Anggraeni : Senin, 18 Juli 2022 | 09:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Gejala virus corona Covid-19 bisa berlangsung selama lebih dari 12 minggu yang mengakibatkan gejala Long Covid-19.

Seiring bertambahnya periode waktu, gejala Long Covid-19 ini berupa kelelahan, kehilangan rasa atau penciuman, kabut otak yang bisa engganggu aktivitas Anda sehari-hari dan menyebabkan frustrasi dan iritasi.

Dalam mengurangi dampak gejala Long Covid-19, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, salah satunya adalah memantau pola makan Anda.

Berikut ini dilansir dari Times of india, beberapa makanan yang bisa membantu meringankan gejala Long Covid-19.

1. Karbohidrat bertepung

Orang biasanya kekurangan energi selama dan setelah pulih dari infeksi virus corona Covid-19. Karena itu, Anda butuh karbohidrat dalam diet Anda dengan makanan seperti kentang, nasi, roti, pasta, atau karbohidrat bertepung lainnya untuk meningkatkan energi.

Anda juga bisa makan roti yang terbuat dari karbohidrat gandum utuh (wheat bread). Karena, makanan ini tinggi serat dan memberikan energi pada kecepatan yang lambat namun konsisten.

Ilustrasi roti (Pixabay.com)

2. Buah-buahan

Jika Anda makan lima porsi buah setiap hari, Anda akan melihat efeknya dalam kesehatan, energi, dan suasana hati Anda secara keseluruhan. Buah-buahan akan memberi Anda vitamin, mineral, dan serat yang sangat dibutuhkan.

Anda dapat memulai pagi hari dengan satu atau dua potong apel, pir, atau prem. Di malam hari, Anda dapat menikmati buah-buahan manis seperti semangka untuk menyegarkan mulut.

3. Protein

Kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, telur, dan daging adalah sumber protein yang baik. Susu, keju, dan yogurt juga merupakan sumber yang kaya protein, kalsium, dan vitamin.

Cobalah konsumsi makanan rumahan termasuk makanan non-vegetarian seperti ayam. Anda dapat menyiapkan kari ayam yang lezat di rumah, yang akan jauh lebih sehat daripada daging olahan yang digunakan dalam sosis atau burger.

Protein akan membantu dalam membangun kembali otot-otot Anda, menjaga sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan tingkat energi Anda untuk mendapatkan tubuh yang sehat kembali.

4. Lemak sehat

Asam lemak omega-3 memperkuat dinding sel dan membantu memunculkan respons imun yang kuat di hadapan virus, patogen, atau invasi bakteri. 

Guna memasukkan omega-3 dalam diet Anda, Anda bisa makan ikan seperti salmon atau sarden sebanyak 2 kali seminggu. Jika Anda seorang vegetarian, maka Anda bisa mengonsumsi sumber nabati seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan kedelai.

5. Air

Minum air setiap hari, terutama air putih akan membantu menghidrasi tubuh. Pada akhirnya, ini juga akan membantu menghilangkan racun infeksi dari tubuh Anda.

Air juga membantu dalam distribusi oksigen dan nutrisi dalam tubuh. Selain air, Anda juga bisa minum sup, susu, jus buah, dan smoothie, tetapi cobalah untuk menghindari terlalu banyak gula. 

BACA SELANJUTNYA

Hati-hati, 7 Perubahan ini Pada Kuku Bisa Jadi Gejala Virus Corona Covid-19