Senin, 29 April 2024
Yasinta Rahmawati : Minggu, 05 Desember 2021 | 09:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Singkong merupakan sumber karbohidrat selain nasi yang akrab dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Tak cuma umbinya, daun singkong pun juga bisa diolah menjadi menu masakan lezat.

Meski terkadang terasa pahit jika tidak benar mengolahnya, daun singkong mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Dikutip dari Suara.com---Jaringan Himedik.com, daun singkong mengandung kalori, air, fosfor, karbohidrat, kalsium, vitamin C, protein, zat besi, lemak, dan vitamin B1.

Berikut ini, beberapa manfaat dari daun singkong yang baik untuk kesehatan:

1. Mencegah kanker

Zat antioksidan polifenol yang terdapat dalam daun singkong dipercaya bisa membantu menangkal racun dan radikal bebas. Sementara itu, zat klorofil yang ditemukan pada daun singkong memberi sifat antikanker.

2. Mencegah obesitas

Dikatakan bisa mencegah obesitas karena daun singkong memiliki kalori yang rendah dari 20 per 100 gram.

3. Obat cacing

Penyakit cacingan juga bisa diobati dengan cara alami, salah satunya lewat daun singkong. Terbukti, kandungan daun singkong bisa menghancurkan cacing yang ada di dalam tubuh, terutama pada masalah pencernaan.

Caranya, cuci bersih daun singkong kemudian rebus dengan air. Lalu saring dan minum air rebusan tersebut.

4. Menurunkan kolestrol

Mengonsumsi daun singkong terbukti dapat menurunkan kolestrol jahat. Sebab serat yang terkandung dalam daun singkong juga berperan besar bagi kesehatan jantung, mengurangi peradangan, sekaligus menurunkan tekanan darah.

5. Menstabilkan gula darah

Rutin mengonsumsi daun singkong dipercaya dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe-2. Sebab kandungan serat daun singkong juga berkahsiat sebagai obat herbal diabetes, yang menghambat penyerapan gula pada makanan.

BACA SELANJUTNYA

Tak Hanya Nikmat, Buah Nanas Miliki 5 Manfaat Kesehatan Berikut