Selasa, 30 April 2024
Yasinta Rahmawati : Sabtu, 04 Desember 2021 | 15:43 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Teh hijau selama ini dikenal bermanfaat untuk pencernaan maupun membantu menurunkan berat badan. Namun ternyata, terdapat berbagai macam khasiat teh hijau untuk penderita rematik.

Dihimpun dari Ayobandung.com---Jaringan Himedik.com, penelitian oleh University of Michigan menunjukkan bahwa kandungan polifenol yang tinggi di dalam teh hijau bermanfaat baik bagi pasien rematik.

Polifenol merupakan senyawa antioksidan yang mampu melawan radikal bebas. Radikal bebas ini dapat merusak sel-sel sehat di dalam tubuh.

Polifenol juga dikenal sebagai antioksidan paling kuat dan sebagai inti dari khasiat teh hijau. Salah satu jenis polifenol adalah epigallocatechin 3-gallate (ECGC).

Ilustrasi teh hijau. (pixabay/rawpixel)

Penelitian tersebut menunjukkan, ECGC dapat menguragi produksi zat yang dapat menimbulkan peradangan atau inflamasi. Dalam penelitian lain, ECGC juga ampuh menjaga kesehatan tulang, terutama tulang rawan.

Sehingga secara tidak langsung konsumsi teh hijau mampu mengurangi risiko pasien rematik terkena penyakit lain seperti jantung, stroke, dan berbagai jenis kanker.

Namun Ada baiknya konsultasi ke dokter dahulu sebelum rutin minum teh hijau. Dan pastikan Anda mengonsumsi teh hijau alami, bukan sachet yang instan. Supaya lebih enak, Anda bisa mencampurkan teh hijau dengan madu atau perasan lemon.

BACA SELANJUTNYA

5 Olahraga yang Tepat untuk Penderita Rematik