Senin, 29 April 2024
Fita Nofiana : Kamis, 02 September 2021 | 15:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Asupan yang Anda konsumsi akan sangat berpengaruh pada penurunan berat badan Anda. Hal ini dinyatakan oleh ahli diet dari India, Vidhi Chawla.

"Ada kombinasi makanan tertentu yang dapat membantu Anda membakar lemak, mengatasi kembung, dan meningkatkan metabolisme. Jangan melewatkan sarapan Anda, itu dapat menyebabkan Anda tidak mengonsumsi serat dan nutrisi dalam jumlah yang cukup," saran Chawla seperti yang dikutip dari India Express.

Melansir dari India Express, berikut beberapa resep makanan yang perlu Anda konsumsi untuk menurunkan berat badan, antara lain:

1. Telur dan paprika 

Telur adalah makanan super yang kuat, bila dikombinasikan dengan paprika dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan cepat. Telur kaya akan vitamin, antioksidan, dan lemak sehat, serta kolin, nutrisi yang meningkatkan metabolisme. 

Paprika, di sisi lain kaya akan vitamin C. Makan paprika dapat membantu Anda membakar lemak yang tersimpan dan mengubah karbohidrat menjadi bahan bakar, membuat Anda tetap berenergi sepanjang hari. 

Dengan menambahkan paprika ke dalam telur, Anda dapat mempercepat penurunan berat badan secara signifikan.

Ilustrasi telur rebus. (Pexels/Jane D.)

2. Wortel dan tahini

Wortel mengandung sekitar 10 persen karbohidrat, terdiri dari pati, gula sederhana, dan serat. Wortel juga memiliki indeks glikemik rendah dan kaya akan vitamin A dalam bentuk beta karoten, vitamin K, vitamin B, dan kalium. 

Tahini juga dikenal sebagai mentega wijen, mengandung kalsium tinggi yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan mengurangi nafsu makan dan asupan kalori.

3. Buah ara dan kacang Brazil 

Buah ara dianggap sebagai pengganti yang sehat untuk camilan tidak sehat karena memiliki sedikit kalori dan tidak mengandung lemak sama sekali. Buah ara tinggi antioksidan, membantu mengurangi radikal bebas yang merusak sel di tubuh Anda. 

Kacang Brazil di sisi lain adalah sumber selenium, antioksidan yang membantu sistem kekebalan tubuh Anda dan meningkatkan metabolisme.

Ketika dikombinasikan dengan buah ara, maka akan membantu dalam penurunan berat badan dengan membuat Anda merasa lebih kenyang, meningkatkan metabolisme, dan memastikan Anda makan lebih sedikit makanan ringan yang tidak sehat.

4. Alpukat dan cabai rawit

Alpukat mengandung asam oleat yang membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Alpukat tumbuk dengan cabai rawit yang mengandung capsaicin bisa menekankan nafsu makan.

Capsaicin meningkatkan rasa kenyang yang dapat membantu Anda menghilangkan lemak perut dengan mengurangi asupan kalori. Letakkan irisan alpukat tersebut di atas roti gandum kaya serat dan dapat membantu Anda merasa puas.

5. Lentil dan tomat 

Orang yang mengonsumsi kacang-kacangan sebagai bagian dari diet kehilangan berat badan lebih banyak. Sertakan beberapa tomat yang juga dapat membantu Anda mempertahankan resistensi leptin dan dengan demikian menurunkan lebih banyak berat badan.

Ilustrasi tomat dan timun (Elements Envato)


6. Jus nanas dan jeruk nipis

Nanas rendah kalori dan tinggi kandungan air, menjadikannya camilan sehat yang ideal untuk menurunkan berat badan. Nanas kaya akan serat yang membantu sistem pencernaan dan merangsang pelepasan cairan lambung. 

Jeruk nipis mengandung berbagai nutrisi penting yang membantu dalam pengurangan berat badan. Asupan ini mengandung asam sitrat yang membantu pembakaran lemak tubuh lebih cepat dan lebih efisien.

7. Teh hijau dengan lemon

Teh hijau adalah minuman yang telah terbukti membantu menurunkan berat badan dan membakar lemak perut. Teh hijau tinggi antioksidan dan juga mengandung banyak katekin yang membantu hati Anda mengubah lemak menjadi energi dengan mempromosikan pelepasan lemak dari sel-sel lemak. 

Anda juga dapat menambahkan lemon ke teh hijau Anda yang mengandung pektin dan polifenol dan membantu Anda menurunkan berat badan dengan membuat Anda merasa lebih kenyang.

BACA SELANJUTNYA

Makanan Pedas Ternyata Punya 3 Manfaat Ini, Apa Saja?