Selasa, 30 April 2024
Fita Nofiana : Kamis, 05 Agustus 2021 | 13:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Penelitian yang disusun oleh King's College London (KCL) ini menyatakan bahwa anak-anak mayoritas sembuh dalam satu minggu dan tidak mengembangkan gejala jangka panjang

Melansir dari Independent, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal The Lancet Child & Adolescent Health ini mengamati 1.734 anak yang dites positif Covid-19 yang mendekati timbulnya gejala.

Penelitian menemukan bahwa penyakit rata-rata berlangsung enam hari pada anak-anak. Sebagian besar anak pulih dari gejala mereka dalam waktu empat minggu.

Sebagian kecil yakni 77 anak (4,4 persen) terus mengalami penyakit setelah sebulan, sementara kurang dari 2 persen masih berjuang dengan gejala setelah delapan minggu.

Di antara anak-anak dengan gejala jangka panjang, kelelahan adalah yang paling umum terjadi. Sakit kepala dan kehilangan indra penciuman juga dilaporkan.

Anak sekolah memakai masker. (Shutterstock)


Profesor Emma Duncan, penulis senior laporan tersebut meyakinkan bahwa kasus Covid-19 gejala jangka panjang pada anak-anak risikonya rendah. 

“Namun demikian, masih ada sejumlah kecil anak-anak memang mengalami gejala jangka panjang Covid-19,” kata Profesor Duncan.

Meskipun anak-anak sebagian besar terhindar dari dampak terburuk Covid-19, momok penyakit jangka panjang telah menghantui kaum muda selama pandemi.

Data yang dirilis oleh Kantor Statistik Nasional Inggris (ONS) awal tahun 2021 menunjukkan bahwa 9,8 persen anak di bawah 11 tahun dan 13 persen anak berusia 12 hingga 16 tahun melaporkan setidaknya satu gejala yang menetap lima minggu setelah diagnosis positif.

Sebuah laporan berbeda yang diterbitkan pada bulan April menemukan bahwa seperempat dari anak-anak yang disurvei setelah keluar dari rumah sakit di Rusia pasca infeksi memiliki gejala lebih dari lima bulan kemudian.

BACA SELANJUTNYA

Wacana Vaksin Booster ke-2 Berbayar, Seginikah Biayanya?