Jum'at, 03 Mei 2024
Yasinta Rahmawati : Jum'at, 18 Juni 2021 | 16:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Memakai riasan mata tentu membuat seseorang tampil lebih percaya diri. Namun ada beberapa risiko jika tidak menggunakan atau menghapusnya dengan benar.

Riasan mata dapat menjadi masalah bagi mereka yang memiliki mata kering maupun sensitif, sebab serbuk produk bisa masuk ke lapisan mata.

Karenanya agar mata tetap cantik dan sehat, berikut adalah kebiasaan makeup yang harus Anda hindari, dilansir dari Live Strong.

1. Tidak membersihkan makeup sebelum tidur

Tidak hanya sisa maskara yang akan mengotori sarung bantal Anda, tetapi kebiasaan mengucek mata dan memegang wajah bisa membuat iritasi. Sebab, bakteri, debu, alergen, dan riasan yang tertinggal dapat menyebabkan infeksi, bintitan, kemerahan, kekeringan, dan ketegangan mata.

2. Berbagi produk riasan dengan teman

Jangan pernah berbagi riasan mata dengan orang lain, sebab itu sama saja memindahkan bakteri dan kotoran lainnya langsung ke mata Anda sendiri. Selain itu, hindari mencoba langsung produk di display toko, sebab kita tidak tahu sudah berapa orang yang mencobanya.

Ilustrasi menggunakan eyeshadow. (Pixabay/Dennis Von Dutch)

3. Lupa tanggal kedaluwarsa eyeshadow

Ashley Brissette, MD , juru bicara klinis untuk American Academy of Ophthalmology dan asisten profesor di Weill Cornell Medicine di New York City, merekomendasikan untuk menjaga riasan mata yang sudah terbuka tidak lebih dari enam bulan. "Ini akan membantu menghindari infeksi," katanya.

Selain itu, jika Anda terkena infeksi mata, sebaiknya buang riasan mata yang Anda gunakan saat infeksi berkembang untuk menghindari kontaminasi ulang.

4. Pakai lash extention

Untuk acara besar sesekali, ekstensi bulu mata tentu merupakan acara yang bagus untuk meningkatkan penampilan. Namun beda cerita untuk pemakaian sehari-hari.

"Ekstensi bulu mata dapat menyulitkan pembersihan di bulu mata dan di sekitar kelopak mata, yang dapat menyebabkan infeksi," kata Dr. Brissette.

5. Tidak cuci tangan sebelum dandan

Bakteri di tangan dapat berpindah ke mata, terutama jika Anda mengaplikasikan produk dengan ujung jari, dan itu dapat dengan mudah menyebabkan infeksi. Maka pastikan tangan sudah bersih sebelum dandan.

BACA SELANJUTNYA

Menopause Bisa Pengaruhi Kesehatan Mata, Ini 3 Tanda yang Harus Diwaspadai!