Jum'at, 29 Maret 2024
Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni : Selasa, 04 Mei 2021 | 17:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Sejumlah negara terus melakukan upaya vaksinasi virus corona Covid-19, tapi banyak orang mungkin bertanya-tanya mengenai hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum suntik vaksin.

Salah satu persiapan yang harus dilakukan sebelum suntik vaksin Covid-19 adalah menjaga kesehatan. Lalu, apakah Anda harus menunda suntik vaksin Covid-19 ketika flu?

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), mengatakan penyakit ringan, seperti flu bukan kontraindikasi terhadap vaksin Covid-19. Dengan kata lain, CDC tidak menganggap penyakit ringan sebagai penyebab pasien harus menunda suntik vaksin Covid-19.

"Saya pikir orang yang mengalami gejala ringan mirip virus corona Covid-19. terutama tanpa demam. Maka mereka boleh saja mendapatkan suntikan vaksin Covid-19," kata Dr John Whyte, kepala petugas medis dari WebMD dikutip dari Fox News.

Sayangnya, seseorang kesulitan membedakan gejala flu biasa dan virus corona Covid-19. Jadi, CDC menyarankan Anda melakukan tes Covid-19 untuk memastikan diri sebelum suntik vaksin.

Ilustrasi virus corona Covid-19, bersin (Pixabay/mohamed_hassan)

"Pada situasi yang penyebaran virus corona Covid-19 cukup tinggi, lebih baik Anda menunggu kondisi kesehatan membaik agar suntik vaksin Covid-19 berjalan aman," kata Dr William Schaffner, spesialis penyakit menular dan profesor di Vanderbilt University School of Medicine.

Bagi orang yang sudah pernah didiagnosis terinfeksi virus corona Covid-19 dan menjalani pengobatan dengan antibodi monoclonal atau plasma pemulisan, CDC merekomendasikan untuk menunggu 90 hari sebelum suntik vaksin Covid-19.

Kabar baiknya, sekarang ini ada banyak jenis vaksin Covid-19 yang telah disetujui dan telah diakui efektivitasnya melawan virus corona. Anda harus menunggu giliran untuk suntik vaksin Covid-19.

BACA SELANJUTNYA

Tanda Imun Lemah, Salah Satunya Gampang Flu