Sabtu, 20 April 2024
Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni : Senin, 03 Mei 2021 | 12:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Beberapa pasien virus corona Covid-19 masih mengalami beberapa gejala jangka panjang, kelelahan, dan tubuh lemah setelah dinyatakan negatif.

Perlu dipahami pasien dengan gejala virus corona Covid-19 ringan membutuhkan waktu sekitar 2 minggu untuk pulih. Sedangkan, pasien yang mengalami gejala virus corona Covid-19 sedang hingga berat membutuhkan waktu sekitar 4 minggu untuk pulih.

Tapi dilansir dari Times of India, kebanyakan orang pasti akan mengalami kelelahan pada tubuhnya setelah sembuh dari virus corona Covid-19. Dalam situasi ini, orang harus menjaga asupan makan yang sehat dan menjaga tubuh tetap terhidrasi agar lebih cepat pulih.

Jika Anda atau anggota keluarga termasuk penyintas virus corona Covid-19, berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kelelahan setelah sembuh dari virus corona Covid-19.

Buah-buahan (Shutterstock)

1. Makan buah-buahan

Pastikan Anda mengonsumsi buah-buahan segar, seperti delima, jeruk, apel dan papaya. Anda juga bisa memasukkan buah lain yang disukai. Selain itu, Anda juga bisa minum jus buah yang bisa membantu mengatasi kelelahan/

Jika perlu, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan di pagi hari dan minum jus buah segar di malam hari untuk menambah asupan konsumsi buah-buahan harian.

2. Minum susu hangat

Cobalah minum susu hangat dengan kunyi sebelum tidur malam. Karena, minum susu hangat akan membantu memperkuat tulang dan mengatasi kelelahan tubuh setelah pulih dari virus corona Covid-19.

3. Makan sayur

Konsumsi sayuran sangat penting untuk tubuh. Anda harus mengonsumsi berbagai jenis sayuran selama makan siang dan malam malam. Anda juga bisa minum jus sayuran, seperti bayam, wortel, tomat atau bit. Karena, semua jenis sayuran itu kaya mineral dan vitamin yang bisa meningkatkan energi.

4. Konsumsi makanan kaya protein dan antioksidan

Konsumsi makanan kaya protein penting untuk pemulihan yang sehat dan cepat. Cobalah konsumsi makanan mudah dicerna agar tubuh yang masih lemah tidak bekerja keras mencerna makanan.

5. Multivitamin

Anda juga bisa mengonsumsi multivitamin, seperti vitamin C dan seng sesuai anjuran dokter. Jangan berhenti minum multivitamin ketika Anda sudah terbukti negatif virus corona Covid-19. Minum multivitamin secara teratur ini bisa membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

BACA SELANJUTNYA

Hati-hati, 7 Perubahan ini Pada Kuku Bisa Jadi Gejala Virus Corona Covid-19