Sabtu, 27 April 2024
Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni : Rabu, 28 April 2021 | 17:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Penyebaran varian baru virus corona Covid-19 India yang tak terkendali telah menimbulkan kekhawatiran. Karena, varian baru virus corona ini mungkin kebal terhadap antibodi yang terbentuk setelah suntik vaksin Covid-19.

Sehingga penting untuk memperhatikan tanda-tanda infeksi virus corona Covid-19. Apalagi munculnya berbagai varian baru virus corona bisa menimbulkan gejala khasnya masing-masing.

Sampai sekarang, banyak orang-orang di Inggris yang melaporkan perubahan suara sebagai gejala virus corona Covid-19 yang dialaminya.

Data dari semua laporan itu pun menunjukkan suara parau salah satu gejala virus corona yang paling banyak dialami orang-orang.

Tapi, tim peneliti mengatakan suara serak bukanlah gejala virus corona Covid-19 yang umum. Di sisi lain, banyak staf klinis yang mengalami suara serak sebagai gejala virus corona selama pandemi.

Perubahan suara akibat virus corona Covid-19 ini pun bisa berbeda-beda pada setiap orang. Adapun 5 jenis perubahan suara yang mungkin terjadi, seperti suara terdengar lebih parau, serat atau kasar, lebih pelan dan berubah nadanya.

Ilustrasi Virus Corona (Unsplash/CDC)

Jika Anda mengalami suara serak sebagai gejalanya, Anda mungkin juga akan berusaha jauh lebih keras untuk berbicara dengan orang lain. Para peneliti pun berusaha menjelaskan penyebab perubahan suara akibat virus corona Covid-19 tersebut.

"Kami tahu bahwa virus corona Covid-19 memengaruhi jaringan dalam sistem pernapasan kita, di mana kotak suara (laring) berada di dalamnya. Hal inilah yang membuat beberapa pasien mengalami perubahan suara," jelas para peneliti dikutip dari Express.

Meskipun perubahan suara ini bukan predictor virus corona Covid-19 yang kuat, Anda harus menjalani tes Covid-19 untuk memastikannya. Apalagi Anda sedang mengalami perubahan suara menjadi serak yang sulit dijelaskan penyebabnya.

Anda juga bisa menjalani tes Covid-19 bila mengalami demam, menggigil, batuk terus-menerus, kehilangan bau dan rasa, sakit kepala, sakit tenggorokan dan ruam kulit.

Jika Anda mengalami salah satu gejala Utama virus corona Covid-19 tersebut, Anda disarankan melakukan tes PCR untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Selain itu, Anda harus mengisolasi diri di ruangan sendiri. Sedangkan, orang yang tanggal satu rumah juga harus karantina sampai hasil tes Covid-19 keluar.

BACA SELANJUTNYA

"Pasar Lokal Suara UMKM" Diluncurkan, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki Beri Apresiasi