Sabtu, 10 April 2021
Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana : Kamis, 08 April 2021 | 11:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Beberapa barang dan tempat di rumah Anda bisa menjadi sarang kuman dan bakteri. Hal ini yang bisa memicu berbagai masalah kesehatan.

Melansir dari Eat This, berikut beberapa barang atau tempat terjorok penuh bakteri yang ada di rumah Anda, antara lain:

1. Dapur

Daging dan telur mentah di dapur, bahkan ketika segar dan sehat sempurna dapat terkontaminasi oleh bakteri yang dapat membuat Anda sakit.

“Risiko sakit akibat hal ini menjadi lebih buruk jika Anda mencemari permukaan, seperti meja dan tangan Anda, dan memindahkan kontaminasi ke permukaan dan makanan lain,” kata Richard Martinello, MD, seorang ahli penyakit menular dari Yale Medicine.

2. Ponsel

Anda terus-menerus menyentuh ponsel, menempelkannya ke mulut, dan meletakkannya di permukaan umum.

Peneliti menemukan bahwa ponsel yang kotor bisa mengandung lebih banyak bakteri daripada dudukan toilet. Untuk itu, Anda perlu membersihkan layar smartphone dengan alkohol, mencegah infeksi virus, kontaminasi kuman atau bakteri.

3. Gagang Pintu

Sebuah tes baru-baru ini menemukan pegangan pintu di lokasi Starbucks di New York City 31 kali lebih berkuman daripada permukaan di kereta bawah tanah. Hal ini bisa juga terjadi di gagang pintu rumah Anda.

"Cobalah untuk membawa pembersih tangan, dan selalu cuci tangan Anda sebelum makan atau menyentuh mulut Anda," saran Danielle DonDiego, DO, dari Your Doctors Online.

4. Spons Dapur

Benda paling berkuman di rumah Anda ada di dapur, terutama spons cuci piring. Para peneliti mengatakan bahwa spons dapur mengandung lebih banyak bakteri aktif termasuk E. coli dan salmonella penyebab penyakitdaripada permukaan lain di rumah.

Sebuah studi oleh Organisasi Kesehatan dan Keselamatan Masyarakat menemukan bakteri coliform (tanda kontaminasi tinja) 75 persen berasal dari spons piring dapur dibandingkan dengan hanya 9 persen dari gagang kamar mandi.

Gantilah spons Anda sesering mungkin atau bersihkan seminggu sekali di dalam microwave.

5. Wastafel Kamar Mandi

Studi menemukan bahwa wastafel adalah reservoir terbesar dari koloni kuman di toilet.

"Sebagian berkat akumulasi air yang menjadi tempat berkembang biaknya organisme kecil," kata Adam Splaver, MD, seorang ahli jantung di Hollywood, Florida.

Faktanya, studi Organisasi Kesehatan dan Keselamatan Masyarakat menemukan bahwa gagang keran kamar mandi adalah salah satu tempat terkuman keenam di rumah.

BACA SELANJUTNYA

Waspada, Handuk Mandi Bisa Jadi Sarang Kuman dan Bakteri Peyebab Penyakit