Sabtu, 20 April 2024
Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni : Kamis, 21 Januari 2021 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Diabetes tipe 2 adalah kondisi yang disebabkan oleh kadar gula darah tinggi. Kondisi ini bisa memicu masalah kesehatan serius, seperti kerusakan saraf, penyakit jantung, ginjal dan kerusakan mata.

Tapi, Dr Brewer merekomendasikan dua jenis makanan yang bisa membantu mengelola diabetes tipe 2 secara efektif. Dua jenis makanan itu adalah jeruk dan tomat.

Dr Brewer mengatakan jeruk memiliki tingkat antioksidan vitamin C, antosianidin, dan flavon yang tinggi, terutama jeruk merah.

Baru-baru ini, jeruk merah terbukti mengandung cyanidin-3 glukosida dan delphinidin-3 glukosida. Kandungan tersebut bisa membantu meningkatkan sekresi insulin untuk meningkatkan toleransi glukosa.

Sedangkan, tomat juga sumber likopen yang tinggi. Antioksidan yang dilepaskan dalam jumlah tinggi oleh tomat bisa membantu menurunkan risiko serangan jantung.

Diabetes tipe 2 (Pixabay/stevepb)

Selain itu, minum jus tomat secara rutin bisa melindungi diri dari kolesterol jahat bagi penderita diabetes tipe 2. Anda bisa mengonsumsi tomat dan jeruk secara bergantian untuk membantu mengontrol gula darah.

Sementara itu, Anda bisa mengonsumsi makanan pokok yang dimasak menggunakan minyak zaitun, sumber lemak tak jenuh tunggal dan tinggi antioksidan.

"Mengikuti pola makan ala Mediterania yang kaya minyak zaitun diprediksi bisa mencegah lebih dari 90 persen diabetes tipe 2 bila dikombinasikan dengan olahraga teratur," kata Dr Brewer dikutip dari Express.

Dr Brewer juga menyarankan untuk menambahkan beberapa bumbu dapur dalam masakan Anda yang baik bagi penderita diabetes tipe 2.

Bumbu dapur itu termasuk kayu manis, jahe, fenugreek, kunyit, jinten, biji ketumbar,dan daun kari. Semua bumbu dapur itu bermanfaat untuk mengontrol glukosa.

Kemudian, sarapan yang tergolong ramah bagi penderita diabetes termasuk kacang-kacangan, biji-bijian dan yogurt. Kacang-kacangan bisa membantu mengontrol kadar gula darah karena merupakan makanan rendah glikemik.

"Jika bicara tentang makanan untuk penderita diabetes tipe 2, tidak semua kentang baik. Konsumsi ubi yang kaya serat baik untuk menjaga kadar gula darah tetap terkendali," jelas Dr Brewer.

BACA SELANJUTNYA

Daftar Sayuran yang Baik untuk Menjaga Gula Darah Tetap Stabil, Terong Termasuk?