Sabtu, 20 April 2024
Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni : Minggu, 10 Januari 2021 | 19:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Para ahli menyarankan semua orang untuk tidak minum alkohol selama 2 hari sebelum dan 2 minggu setelah suntik vaksin virus corona Covid-19.

Mengapa demikian? Periode tersebut berfungsi memastikan sistem kekebalan tubuh Anda dalam kondisi terbaik untuk merespons vaksin baru.

Meskipun masih ada sedikit data tentang efek alkohol pada respons tubuh terhadap vaksin virus corona Covid-19, terdapat beberapa bukti yang menunjukkan minuman beralkohol bisa mengurangi kemampuan untuk membangun kekebalan tubuh.

Menurut Drinkaware, panel penasihat medis independen untuk amal pendidikan alkohol, hal ini umumnya lebih berisiko terjadi pada peminum alkohol berat.

"Kami menyarankan semua orang tidak minum alkohol setidaknya selama 2 hari sebelum dan 2 minggu setelah vaksin. Guna mencoba memastikan sistem kekebalan tubuh Anda dalam kondisi terbaik untuk merespons vaksin," kata Dr Fiona Sim dikutip dari The Sun.

Ilustrasi vaksin virus corona, covid-19. (Pexels/@cottonbro)

Jika Anda adalah peminum alkohol berat, risiko Anda sakit parah ketika terinfeksi virus corona juga sangat tinggi. Oleh karenanya, orang dalam golongan ini disarankan memertimbangkan suntik vaksin.

Dr Fiona menjelaskan bahwa konsumsi minuman alkohol secara rutin bisa mengurangi perlindungan kekebalan, khususnya pada penyakit infeksi saluran pernapasan seperti Covid-19.

Di sisi lain, orang golongan ini bisa merasakan manfaat signifikan dari suntik vaksin virus corona bila memberi jeda waktu untuk berhenti minum alkohol. Langkah ini sekaligus menurunkan risiko penyakit hati parah jangka panjang.

Selain itu, Dr Fiona juga menyarankan seseorang melakukan pedoman risiko rendah pemerintah Inggris untuk pria dan wanita, jika mereka memiliki tetap minum alkohol.

Ia menyarankan minuman alkohol yang mereka konsumsi tidak lebih dari 14 botol setiap minggunya. Artinya, mereka memiliki 3 hari dalam seminggu yang bebas alkohol.

 

BACA SELANJUTNYA

Wacana Vaksin Booster ke-2 Berbayar, Seginikah Biayanya?