Senin, 29 April 2024
Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni : Sabtu, 19 Desember 2020 | 17:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Jaga pola makan adalah cara terbaik untuk membantu pemulihan tubuh yang sedang sakit. Makanan juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tapi, beberapa makanan yang menenangkan juga bisa memperburuk kondisi. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mengatakan orang yang sedang sakit harus mengonsumsi vitamin dan mineral, seperti vitamin D, C dan seng untuk membantu pemulihan.

Konsumsi makanan yang kaya nutrisi ini juga penting bagi Anda ketika terinfeksi virus corona Covid-19. Agar pemulihan lebih cepat dilansir dari Times of India, berikut daftar makanan yang harus dihindari pasien virus corona Covid-19.

Ilustrasi virus corona, hidung, mimisan (Pixabay/mohamed_hassan)

1. Makanan olahan

Jika Anda tertular virus corona Covid-19, makanan tinggi natrium, penuh aditif, tambahan gula dan pengawet adalah makanan yang harus dihindari. Semua makanan ini bisa menyebabkan peradangan yang mengganggu proses penyembuhan.

Peradangan yang tinggi juga meningkatkan beban pada sistem kekebalan, sehingga membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit. Seseorang tidak boleh makan keripik kentang dan makanan kemasan serupa lainnya secara diam-diam.

2. Daging merah

Daging merah juga salah satu makanan yang tidak boleh sering dikonsumsi, baik Anda sedang terinfeksi virus corona Covid-19 atau tidak. Daging merah kaya akan lemak jenuh yang meningkatkan peradangan.

Anda bisa menggantinya dengan lemak tak jenuh tunggal, seperti minyak zaitun dan ikan yang kaya asam lemak omega-3, seperti salmon.

3. Gorengan

Makanan yang digoreng tinggi lemak dan sering dikonsumsi secara berlebihan. Makanan ini bisa mendatangkan malapetaka dalam tubuh yang meningkatkan beban pada sistem kekebalan.

Makanan yang digoreng berdampak negatif pada mikrobioma usus dan menekan fungsi kekebalan. Makanan ini juga meningkatkan kolesterol jahat, yang menyebabkan berbagai penyakit kardiovaskular.

4. Minuman manis

Gula tambahan dalam minuman manis juga bisa menyebabkan peradangan tubuh. Saat Anda melakukan diet anti-inflamasi, minuman manis ini harus dihindari. Sehingga, Anda harus menghindari minuman manis, berkaleng atau minuman berkarbonasi untuk membantu penyembuhan.

5. Makanan pedas

Makanan pedas juga salah satu makanan yang harus dihindari ketika pilek, batuk dan flu. Karena, makanan pedas mengiritasi tenggorokan dan membuat Anda semakin batuk. Jika Anda mengalami hidung tersumbat, konsumsilah minuman panas dan semangkuk sup untuk melegakannya.

BACA SELANJUTNYA

Biar Tubuh Tidak Lesu dan Mudah Capek, Konsumsi 5 Makanan Ini