Sabtu, 20 April 2024
Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni : Sabtu, 19 Desember 2020 | 15:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Perayaaan Natal 2020 mungkin akan terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena dirayakan di tengah pandemi virus corona Covid-19.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga menghimbau semua orang harus memakai masker wajah ketika Natal untuk menghentikan lonjakan mematikan virus corona Covid-19.

Pejabat kesehatan WHO mengatakan bahwa menjaga jarak sosial dan ruangan tetap berventilasi juga bisa mencegah orang yang dicintai terkena virus corona Covid-19.

Karena, pertemuan di dalam ruangan yang lebih kecil bisa berisiko menularkan virus corona Covid-19. Apalagi ruangan ini mempertemukan berbagai orang dalam kondisi berbeda, orang tua dan muda yang bisa mencegah infeksi.

"Pertemuan harus diadakan di luar ruangan jika memungkinkan dan peserta harus memakai masker dan menjaga jarak fisik," jelas WHO dikutip dari The Sun.

Ilustrasi perayaan Natal.[Unsplash/Jez Timms]

Jika perayaan Natal di gelar di dalam ruangan, membatasi tamu yang datang dan memastikan sirkulasi udara baik adalah kunci mengurangi risiko paparan virus corona.

Meski merasa canggung untuk memakai masker dan menjaga jarak di sekitar teman serta keluarga. Tetapi, langkah itu berkontribusi signifikan untuk memastikan semua orang tetap aman dari virus corona.

Karena, orang yang lebih tua mungkin akan lebih sulit menjalani protokol kesehatan, seperti memakai masker dan menjaga jarak fisik.

Selain itu, WHO juga menyarankan orang-orang yang berencana berpergian untuk merayakan Natal harus menghindari kerumunan dan mengikuti aturan kesehatan.

Aturan ini muncul setelah Kelompok Pengembangan Panduan Covid-19 (GDG) WHO menemukan bahwa pemakaian masker masih terbatas untuk menghentikan penyebaran penyakit.

Ilmuwan di Denmark juga menemukan bahwa masker wajah tidak memberikan perlindungan bagi orang yang memakainya, tapi tidak menutup kemungkinan pakai masker itu bisa melindungi orang lain.

 

BACA SELANJUTNYA

Infeksi Cacar Monyet 100 Kali Lebih Menyakitkan Daripada Covid-19, Ini Pengakuan Penyintas!