Kamis, 25 April 2024
Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana : Rabu, 02 Desember 2020 | 14:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Bagaimanapun bentuknya baik menonjol atau tidak, pusar nyatanya memiliki peran bagi tubuh. Namun Anda bisa mengalami sensasi aneh saat menyentuh pusar terutama ketika menekan pusar terlalu dalam.

Melansir dari Independent, beberapa orang akan merasa tiba-tiba ingin kencing saat pusarnya dipegang, tersentuh, atau ditekan. Hal tersebut menurut dokter bukanlah hal aneh karena sangat mungkin terjadi.

Menurut Dokter Christopher Hollingsworth dari NYC Surgical Associates, Amerika Serikat menunjukkan bahwa menyentuh pusar sering kali menimbulkan perasaan ingin buang air kecil. Menurutnya menyentuh pusar sebenarnya merangsang lapisan perut, sehingga membuat Anda merasa sensasi ingin buang air kecil meskipun sebenarnya tidak ingin kencing.

"Saat Anda memasukkan jari Anda ke pusar, itu mengirimkan sinyal dari serat yang lebih dalam di mana melapisi rongga perut bagian dalam ke sumsum tulang belakang Anda," kata dokter Christoper.

Ilustrasi membersihkan pusar. (Shutterstock)

Dokter menjelaskan bahwa rasa ingin kencing terjadi karena sumsum tulang belakang menyampaikan sinyal ke kandung kemih dan uretra di mana biasanya disalahartikan sebagai ketidaknyamanan kandung kemih. Hal ini yang kemudian akan membuat Anda merasakan ingin kencing.

Namun, dokter Christoper menambahkan bahwa Anda hanya akan mengalami perasaan ingin kencing jika menekan pusar cukup dalam. Hal ini disebabkan karena rasa ingin kencing bisa terjadi saat Anda menekan pusar hingga mengenai serat yang berada di belakang lapisan otot di perut. Lapisan serat dalam saat Anda menekan jauh ke dalam pusar ini dikenal sebagai lapisan umbilikus.

BACA SELANJUTNYA

Jangan Kebiasaan Buang Air Kecil Sebelum Tidur, ini Dampaknya!