Minggu, 17 Januari 2021
Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni : Selasa, 01 Desember 2020 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Beberapa orang mungkin panik, khawatir dan stres ketika mengetahui salah satu anggota keluarga di rumah terinfeksi virus corona Covid-19.

Kita sebagai orang yang sehat pastinya akan membantu merawatnya di rumah. Tapi, kita juga perlu melindungi diri dan menjaga kesehatan karena ada kemungkinan kita sendiri sudah terpapar virus corona.

Karena itu, seseorang perlu mengambil tindakan pencegahan yang tepat pasca didiagnosis virus corona Covid-19 untuk mengurangi risiko infeksinya.

Menurut pedoman ahli kesehatan dilansir dari Times of India, orang yang tidak dalam jarak dekat atau serumah dengan pasien virus corona memiliki risiko tertular 50 persen.

Risiko paparan dan infeksi juga bisa diwaspadai, tergantung pada jenis akomodasi dan fasilitas tempat tinggalnya. Penularan virus corona melalui udara dan kemampuan infeksi virus bertahan hidup di permukaan rumah untuk waktu yang lama juga bisa meningkatkan risiko penularan.

Ilustrasi penularan virus corona. [Shutterstock]

Jadi, ada langkah-langkah yang perlu Anda lakukan ketika tinggal satu rumah dengan orang yang terpapar virus corona Covid-19.

1. Batasi kontak Anda di dalam rumah

Saat Anda tidak satu rumah dengan orang yang terinfeksi virus corona, Anda harus menghindari interaksi dengan orang lain di luar. Selain itu, Anda sendiri juga perlu membatasi kontak Anda dengan orang yang terinfeksi.

Sediakan ruangan terpisah bagi orang yang sakit. Pastikan Anda tidak berbagai fasilitas apapun dengan orang tersebut sampai dinyatakan bebas dari virus.

2. Karantina diri sendiri

Orang yang terinfeksi virus corona harus mengisolasi dirinya selama minimal 14 hari. Hal sama juga berlaku bagi orang yang tidak satu rumah dengan orang terinfeksi virus corona.

Langkah ini berfungsi memastikan Anda tidak menularkan vrus ke orang lain dan memberikan Anda waktu istirahat sampai tidak mengalami gejala virus corona apapun.

3. Pastikan selalu pakai masker

Anda juga harus selalu memakai masker saat di dalam rumah, terlebih ketika berada di dekat pasien Covid-19. Karena, virus memiliki risiko penularan yang tinggi dan bisa bertahan di udara dalam waktu lama.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa memastikan kebersihan masker yang tepat bisa mengurangi risiko penularan virus hingga 70 persen. Masker bedah atau masker kain 3 lapis yang menutupi mulut dan hidung baik untuk digunakan.

Sedangkan, masker N95 juga menjamin banyak perlindungan tapi sebaiknya digunakan oleh mereka yang memiliki risiko infeksi lebih tinggi.

5. Disinfeksi rumah

Partikel virus bisa terkumpul di permukaan rumah dan benda yang sering disentuh, seperti mata uang, permukaan kaca, ventilasi, gagang pintu dan lainnya.

Karena, Anda harus melindungi diri sendiri maka Anda perlu mendisinfeksi permukaan yang paling sering disentuh oleh orang yang terinfeksi.

6. Jaga kesehatan

Anda harus memperhatikan pola makan yang baik dan tetap aktif secara fisik untuk menjaga kekebalan tubuh. Konsumsi banyak sayuran hijau, buah-buahan dan suplemen untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

BACA SELANJUTNYA

Wanita Lebih Berisiko Tinggi Meninggal akibat Strain Baru Virus Corona