Jum'at, 26 April 2024
Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana : Senin, 30 November 2020 | 21:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Sebagian besar paru-paru pulih dengan baik setelah infeksi virus corona Covid-19. Hal ini dinyatakan oleh studi baru di Belanda yang terbit pada jurnal Clinical Infectious Diseases.

Melansir dari Healthshots, tidak ada keraguan bahwa Covid-19 menyebabkan kerusakan besar pada paru-paru sehingga menimbulkan sesak napas dan tingkat oksigen yang rendah.

Namun menurut para peneliti di Radboud University Belanda, jaringan paru-paru pasien yang menderita Covid-19 parah menunjukkan pemulihan yang baik dalam banyak kasus.

Penelitian ini melibatkan 124 pasien yang telah pulih dari infeksi Covid-19 akut. Pasien diperiksa dengan CT scan dan tes fungsi paru. Setelah tiga bulan, para peneliti mengungkapkan bahwa jaringan paru-paru pasien pulih dengan baik.

Sisa kerusakan jaringan paru-paru umumnya terbatas dan paling sering terlihat pada pasien yang dirawat di ICU.

Kerusakan paru-paru mungkin tidak terhindarkan pada Covid-19, tetapi dapat dicegah. Menurut penelitian, keluhan paling umum setelah tiga bulan adalah rasa lelah, sesak napas, dan nyeri dada.

Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@Anna Nandhu Kumar)

"Pola yang kami lihat pada pasien ini menunjukkan kesamaan dengan pemulihan setelah pneumonia akut atau sindrom gangguan pernapasan akut (ARDS) di mana cairan menumpuk di paru-paru," kata ahli paru Bram van den Borst.

"Pemulihan dari kondisi ini juga umumnya membutuhkan waktu lama. Sangat menggembirakan melihat paru-paru setelah infeksi Covid-19 menunjukkan tingkat pemulihan seperti ini," imbuhnya. 

Setelah pemulihan, sangat sedikit kelainan yang terlihat di paru-paru.

BACA SELANJUTNYA

Ilmuwan Bikin Perman Karet yang Bisa Memerangkap Virus Corona di Mulut