Jum'at, 19 April 2024
Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah : Senin, 30 November 2020 | 11:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) akan menjadi uji coba tes darah sederhana yang dapat mendeteksi lebih dari 50 jenis kanker yang disebut Galleri. Harapannya, tes ini dapat membantu pasien kanker agar dapat diobati sejak stadium awal.

Tes darah Galleri, yang dikembangkan oleh perusahaan perawatan kesehatan California, Grail, akan diujicobakan dengan 165.000 pasien di Inggris.

NHS berharap tes darah ini sangat berguna dalam mengidentifikasi jenis kanker yang saat ini sulit didiagnosis dan diobati secara dini.

"Deteksi dini, terutama untuk kondisi yang sulit diobati seperti ovarium dan kanker pankreas, berpotensi menyelamatkan banyak nyawa," kata kepala eksekutif NHS Simon Stevens, dilansir CNN.

Program percontohan akan dimulai pada pertengahan 2021 kepada165.000 orang, termasuk 140.000 berusia 50 hingga 79 tahun, yang tidak memiliki gejala.

Ilustrasi tes darah. (Shutterstock)

Sedangkan 25.000 peserta lainnya adalah orang-orang yang kemungkinan mengalami gejala kanker.

Tes ini akan dilakukan tiap tahunnya selama tiga tahun berturut-turut. Hasil tesnya diharapkan keluar pada 2023.

Jika terbukti efektif, perusahaan berencana akan melakukan tes kembali pada sejuta orang pada 2025, memperluasnya ke populasi yang lebih besar.

"Menambahkan Galleri ke standar perawatan yang ada berpotensi menurunkan jumlah kanker yang didiagnosis pada tahap akhir hampir setengahnya, yang dapat mengurangi jumlah total kematian akibat kanker di Inggris hingga seperlimanya," ujar perusahaan Grail.

Michelle Mitchell, kepala eksekutif Cancer Research UK, mengatakan tes seperti yang dikembangkan oleh Grail memiliki potensi perubahan yang besar jika terbukti efektif dalam mendeteksi kanker lebih dini.

BACA SELANJUTNYA

Hati-hati, Peralatan Dapur Tertentu Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Hati!