Sabtu, 20 April 2024
Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah : Rabu, 25 November 2020 | 17:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Pakar kesehatan berulang kali memperingatkan untuk selalu mempraktikan protokol kesehatan, yaitu menjaga jarak, memakai masker, serta mencuci tangan menggunakan sabun. Hal ini dapat mencegah penularan virus corona Covid-19.

SARS-CoV-2 menyebar dari orang ke orang melalui tetesan pernapasan yang dikeluarkan ketika seseorang terinfeksi batuk, bersin, atau berbicara.

Lebih jarang, penularan juga terjadi melalui udara, yakni ketika partikel virus yang sangat kecil bertahan di udara selama beberapa menit hingga berjam-jam.

Ini berpotensi menginfeksi orang lain yang berada di area yang sama, bahkan jika orang yang terinfeksi berada jauh atau telah meninggalkan ruangan.

Virus juga dapat menyebar dari orang yang terinfeksi ke permukaan yang mereka sentuh.

Penampilan luar dan dalam virus corona Covid-19 (KAUST Discovery)

Berdasarkan penelitian sejauh ini, berikut yang ahli ketahui tentang penularan dari permukaan di tempat umum, dilansir dari Mayo Clinic:

Wadah dan kemasan makanan

Belum ada bukti ada orang yang tertular setelah menyentuh wadah makanan dan kemasan makanan.

Namun jika khawatir, Anda dapat mengikuti pedoman umum keamanan makanan, yaitu mencuci tangan, memindahkan makanan ke piring bersih, dan gunakan peralatan makan yang bersih.

Air minum

Virus corona jenis baru belum terdeteksi di air minum. Umumnya, fasilitas pengolahan air memiliki proses untuk menyaring dan mendisinfeksi air sebelum masuk ke rumah Anda.

Kolam renang, bak air panas, taman bermain air

Belum ada bukti virus corona jenis baru menyebar melalui kolam renang, bak air panas, atau taman bermain air.

Tetap saja, ada baiknya untuk menjaga jarak fisik dengan orang lain yang tidak tinggal serumah, baik di kolam renang umum atau taman air. Kenakan masker ketika tidak berada di dalam air.

Buah atau sayuran

Ada kemungkinan virus corona bertahan pada buah dan sayuran yang telah disentuh pengidap Covid-19. Praktik terbaiknya adalah mengikuti pedoman keamanan pangan dan mencuci semua buah dan sayuran secara menyeluruh sebelum memakannya.

 

BACA SELANJUTNYA

Kasus Pertama, Pria Ini Terinfeksi Covid-19, Cacar Monyet dan HIV Bersamaan!