Jum'at, 19 April 2024
Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni : Selasa, 24 November 2020 | 19:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Millen Cyrus, keponakan Ashanty bersama temannya berinisial JR ditangkap polisi terkait kasus narkoba jenis sabu  di hotel kawasan Tanjung Priok pada Sabtu (20/11/2020) dini hari.

Polisi pun mengamankan barang bukti satu paket sabu seberat 0,3 gram berserta alat isapnya ketika penangkapan. Selanjutnya, hasil tes urine Millen Cyrus pun menunjukkan positif sabu.

Narkoba sabu yang juga dikenal sebagai methamphetamine atau crystal meth adalah narkotika yang sangat adiktif. Konsumsi narkoba jenis ini bisa menyebabkan masalah jantung, termasuk detak jantung cepat, denyut jantung tak teratur dan peningkatan tekanan darah.

Pada tahap overdosis, sabu akan menyebabkan kejang, peningkatan suhu tubuh dan kematian. Tapi dilansir dari Hellosehat, pecandu narkoba sabu yang mendadak tak memakai lagi akan melalui fase sakau atau sakaw.

Sakau sabu adalah gejala tubuh yang terjadi akibat pemberhentikan pemakaian sabu secara mendadak, yang mengakibatkan penurunan dosis sabu secra drastis.

Millen Cyrus, selebgram berusia 21 tahun, ditangkap polisi atas dugaan kepemilikan dan penyalahgunaan sabu-sabu. [dokumentasi polisi]

Penggunakan narkoba sabu sama seperti pecandu narkoba jenis lain yang akan mengalami dua tipe gejala sakau, yakni emosional dan fisik.

Adapun gejala emosional dari orang yang sakau sabu antara lain:

  1. Nafsu makan meningkat
  2. Depresi dan mood swing
  3. Kesulitan konsentrasi
  4. Paranoid
  5. Psikosis (cenderung skizofrenia) dan halusinasi
  6. Kecemasan dan gelisah
  7. Menarik diri dan kecenderungan ingin bunuh diri
  8. Emosi datar dan inaktifitas

Sedangkan, gejala fisik orang yang sedang sakau sabu meliputi:

  1. Kulit pucat dan kumal
  2. Penampilan fisik berantakan
  3. Pergerakan lambat
  4. Berbicara terlalu halus
  5. Sakit kepala
  6. Kelelahan ekstrem dan badan ngilu

Gejala sakau sabu ini biasanya berkisar dari sedang sampai berat, yang bisa juga berakibat fatal bila tak segera diobati.

Pada umumnya, gejala sakau narkoba jenis sabu mulai dalam 1-2 hari setelah dosis terakhir dan bertahan sampai 3 bulan. Lamanya gejala ini juga bervariasi tergantung pada seberapa sering mereka menggunakannya.

BACA SELANJUTNYA

Rizky Nazar Konsumsi Narkoba Jenis Ganja, Ini Efeknya Pada Vitalitas Pria!