Jum'at, 19 April 2024
Angga Roni Priambodo | Fita Nofiana : Selasa, 24 November 2020 | 09:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Vaksin Moderna menunjukkan efektivitas mencapai 94,5 persen. Hal ini yang membuatnya menjadi salah satu vaksin paling potensial untuk melawan virus corona Covid-19

Meski dilaporkan efektif, tidak ada vaksin yang sepenuhnya bebas dari efek samping begitupun dengan Moderna. Melansir dari Times of India, berikut beberapa efek samping ringan dari vaksin Moderna, antara lain:

1. Demam Ringan

Salah satu efek samping pasca vaksinasi Moderna adalah demam ringan. Namun, efek samping ringan ini bukanlah pertanda yang mengkhawatirkan. Demam sendiri terjadi ketika senyawa biokimia mengaktifkan sel kekebalan di mana membuat penanda inflamasi tertentu meningkat dan menyebabkan demam, kemerahan atau pembengkakan.

Sebagian besar demam akan hilang dengan sendirinya setelah 2 hingga 3 hari pasca suntik dan tidak memerlukan perawatan khusus. Demam juga bisa menjadi indikator tubuh Anda mulai memproduksi antibodi.

Ilustrasi Vaksin Covid-19 (getty image)

2. Tangan Pegal dan Nyeri

Banyak sukarelawan mengalami nyeri di lengan, tempat vaksin disuntikkan. Efek ini juga merupakan reaksi yang cenderung umum dan biasa terjadi pada penyuntikkan vaksin.

Nyeri lengan pasca vaksinasi biasanya disebabkan oleh nyeri otot yang merupakan respons alami tubuh terhadap serangan benda asing. Kondisi ini umumnya akan hilang setelah satu atau dua hari.

3. Kelelahan

Partisipan dalam penelitian Moderna juga mengatakan bahwa mereka merasa sedikit lelah dan mengalami kelelahan pasca suntikan. Kelelahan juga merupakan reaksi yang mungkin terjadi akibat virus mati memasuki tubuh dan kemudian menghasilkan respons inflamasi serta antibodi.

BACA SELANJUTNYA

Wacana Vaksin Booster ke-2 Berbayar, Seginikah Biayanya?