Kamis, 25 April 2024
Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana : Selasa, 17 November 2020 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Madu di tangan kanan dan racun di tangan kiri, keduanya memang merupakan hal yang berlawanan. Namun madu malah bisa berubah jadi racun jika dicampur dengan air panas.

Melansir Medical Xpress, madu sendiri tinggi antioksidan seperti asam fenolik dan flavonoid yang dapat mendukung kesehatan yang lebih baik.

Penelitian kecil pada manusia menunjukkan bahwa antioksidan madu dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung

Sayangnya menurut Healthshots, madu bisa jadi racun saat dicampur air panas. Hal ini disebabkan karena madu sendiri tidak boleh dihangatkan, dimasak, atau dipanaskan dalam kondisi apapun.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal AYU menemukan bahwa madu pada suhu 140 derajat akan berubah menjadi racun.

Saat Anda mencampurkan madu dalam susu atau air panas, madu menjadi panas dan berubah menjadi racun.

Selain itu, peneliti juga menyatakan bahwa madu mengandung gula alami yang apabila dipanaskan akan melepaskan 5-hydroxymethylfurfural atau HMF yang diyakini bersifat karsinogenik. Zat karsiogenik yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel kanker.

Ilustrasi madu mentah. (Pixabay)

Selain itu, Anda juga tak boleh mengonsumsi madu terlalu banyak karena mengandung tinggi gula. 

Oleh karena itu, cara terbaik mengonsumsi madu adalah dengan cara konsumsi tanpa campuran air panas. Anda dapat mengonsumsi satu sendok teh madu mentah setiap pagi.

Sebab, madu memang pada dasarnya bisa sangat baik untuk kesehatan jika dikonsumsi dengan cara yang benar.

BACA SELANJUTNYA

Awas Bahaya Ikuti Tren Makan Madu Beku di Tiktok, Ini Kata Ahli Gizi