Minggu, 17 Januari 2021
Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana : Kamis, 12 November 2020 | 16:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Vaksin untuk melawan virus corona Covid-19 yang dikonfirmasi efektif dan aman masih belum tersedia meski pandemi sudah berlangsung hampir setahun. Padahal aktivitas mayoritas masyarakat dunia termasuk di Indonesia telah mulai kembali normal.

Banyak laporan yang beredar bahwa vaksin influenza hingga vaksin TBC mungkin bisa jadi perlindungan sementara, terutama dalam menghadapi musim liburan. Lalu, benarkah vaksin influenza atau TBC bisa melindungi Anda saat berlibur?

"Untuk vaksin terhadap Covid-19 ini kan masih terus dikembangkan sampai fase uji klinis III, nah kemudian apakah vaksin dari influenza memiliki efektivitas terhadap penyakit Covid-19?" ujar Laura Navika Yamani, Epidemiolog UNAIR pada webinar yang diprakarsai oleh Satuan Tugas Covid-19 pada Jumat (23/10/2020) lalu.

"Ini tergantung karena beberapa data riset itu menunjukkan bahwa seperti vaksin BCG untuk TBC atau vaksin influenza itu ada yang menyatakan memberikan perlindungan walaupun tidak seratus persen untuk Covid-19 tapi ini kan masih terus dilakukan upaya penegcekan seperti itu," imbuhnya.

Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Shutterstock)

Anggapan BCG memiliki efektivitas dalam mengurangi risiko Covid-19 muncul ketika kasus penularan virus di negara besar seperti Indonesia tak sebanyak negara besar lainnya seperti Amerika atau India.

"Kenapa sih di Indonesia enggak terlalu banyak (kasus) daripada di Amarika Serikat, banyak anggapan karena vaksin BCG yang jadi proyek vaksinasi nasional," kata Laura. Menurut Laura, di negara seperti Amerika vaksin seperti BCG tidak menjadi agenda imunisasi nasional. 

Daripada mempercayai vaksin yang belum teruji, Laura menekankan untuk selalu melakukan protokol kesehatan selama liburan seperti cuci tangan, pakai masker, dan menghindari kerumunan. 

BACA SELANJUTNYA

Suntik Vaksin Covid-19 Tengah Malam Tak Akan Efektif, Ini Kata Ahli!