Jum'at, 29 Maret 2024
Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana : Senin, 09 November 2020 | 17:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Kebanyakan melihat layar ponsel atau komputer bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti kesehatan mata, mental, hingga otak.

Melansir dari Bustle ada beberapa efek negatif kebanyakan melihat layar gadget, antara lain:

1. Restrukturisasi Otak

Menghabiskan banyak waktu di depan layar dapat mengatur ulang materi yang menyusun otak. Satu studi yang diterbitkan dalam Addictive Behaviors pada tahun 2020 menemukan bahwa orang yang telah didiagnosis dengan kecanduan smartphone memiliki jumlah materi abu-abu yang lebih rendah di berbagai bagian otak mereka.

Ilustrasi orang menggunakan ponsel di restoran. (Pixabay/Nastya_Gepp)

Kondisi tersebut masalah komunikasi dan kinerja kognitif yang lebih buruk secara umum.

2. Ketegangan Mata

Cahaya biru dari layar tidak hanya membuat tetap terjaga tapi itu juga dapat merusak retina dan memicu ketegangan mata.

"Anda tidak berkedip sesering saat melihat layar, ini akan menyebabkan kelelahan dan gejala mata kering." kata Dr. Benjamin Bert M.D., dokter mata di Memorialcare Orange Coast Medical Center, sebelumnya kepada Bustle.

Dia merekomendasikan untuk istirahat setiap 10 hingga 15 menit dengan melihat objek jarak jauh, keluar jendela atau ke seberang ruangan. Kemudian menutup mata sepenuhnya selama satu atau dua detik.

3. Memengaruhi Cara Memproses Emosi

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2019 di The British Journal of Developmental Psychology menemukan bahwa semakin banyak waktu bermain ponsel pada anak-anak, semakin sedikit pemahaman emosional yang mereka tunjukkan. Tapi, kondisi ini mungkin juga berdampak pada orang dewasa.

4. Meningkatkan Kematian

Sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam The British Journal of Sports Medicine menunjukkan bahwa menghabiskan banyak waktu di depan layar menurunkan kesehatan kardiovaskular dan meningkatkan risiko kematian.

Ilustrasi menggunakan ponsel (Pixabay/StockSnap)

5. Tingkatkan Risiko Depresi

Semakin lama Anda duduk memandangi komputer, semakin besar risiko Anda mengalami depresi. Hal ini dinyatakan pada penelitian yang terbit tahun 2019 di BMC Public Health.

BACA SELANJUTNYA

4 Tanda Perlu Istirahat dari Media Sosial, Apa Saja?