Sabtu, 20 April 2024
Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana : Sabtu, 24 Oktober 2020 | 09:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Pakai masker saat berada di luar rumah atau berada di tempat umum jadi salah satu keharusan untuk menekan penularan virus corona Covid-19. Sayangnya, pakai masker berhari-hari nyatanya bikin kulit pengap dan meningkatkan risiko jerawat, ruam, dan gangguan kulit lainnya.

Menurut dokter kulit terkemuka, Dr. Anil Budh-Raja menyatakan bahwa penutup wajah dapat menyebabkan banyak masalah pada kulit, termasuk ruam akibat gesekan dari masker, serta jerawat dan eksim.

"Jika ada bagian dari masker yang menyentuh jerawat aktif, ini juga dapat memperburuk jerawat dan membuat lebih banyak bintik-bintik yang meradang, sementara eksim dan psoriasis yang parah juga dapat memburuk," jelas Dr. Anil pada Independent.

Namun melansir dari Independent, ada beberapa tips yang bisa menghindari berbagai konsekuensi penggunaan masker, antra lain:

1. Pakai Masker Buatan Sendiri atau Masker Kain

Untuk membuat atau memilih masker kain, maka Anda perlu memilih bahan yang sesuai. Selagi Anda bukan petugas medis yang menangani pasien, masker kain masih dianggap efektif dalam menghalau virus corona Covid-19.

Idealnya, bahan masker harus terbuat dari kain katun yang ditenun rapat, bukan kain sintetis. Pilih juga jenis kain yang lembut di kulit.

Jika menggunakan masker dari kain, Anda juga harus mencucinya secara teratur untuk membersihkan minyak yang menyerap. Minyak kulit yang terserap di masker kain jika tak sering dicuci bisa menyebabkan jerawat.

Kampanye Pakai Masker Kain Tradisional. (Instagram/@kitamudakreatif)

2. Pakai Salep atau Krim di Area Sensitif

Untuk di daerah-daerah sensitif di wajah, Anda bisa menggunakan salep atau krim untuk menghindari masalah atau gesekan di kulit yang tertutup masker.

"Untuk membantu meminimalkan efek pemakaian masker Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan salep atau krim untuk melindungi area sensitif dari gesekan atau lecet," kata Dr. Anjali Mahto, konsultan dokter kulit dan penulis The Skincare Bible.

Dr. Mahto merekomendasikan begi siapapun yang mengalami gatal-gatal atau ruam jenis eksim untuk membeli OTC Eumovate Cream 0,05 persen dan mengoleskannya ke area kulit yang meradang dua kali sehari selama tujuh hari. 

3. Pastikan Kulit Terhidrasi

Untuk perawatan sehari-hari, Dr. Mahto menekankan pentingnya memastikan kulit tetap terhidrasi dengan baik. Hidrasi yang baik akan membantu meningkatkan fungsi pelindung kulit.

Untuk mencegah kulit mengering, gunakan pembersih tanpa pewangi.

"Meskipun mungkin tergoda untuk membersihkan wajah segera sebelum dan sesudah memakai masker, namun yang terbaik adalah membatasi diri Anda dengan membersihkan dua kali sehari, sekali di pagi dan sore hari untuk menurunkan risiko kulit kering," kata Dr. Mahto.

Menurut Dr Budh-Raja, Anda juga disarankan untuk membilas wajah yang basah hingga kering dengan handuk dan menggunakan pelembap untuk mencegah kehilangan kelembapan di wajah.

Pakai Makeup saat Pakai Masker. (Instagram/@n_bynbeauty)

4. Minimalisir Riasan

Masker menciptakan lingkungan lembap yang dapat memengaruhi produksi sebum di kulit. Hal ini yang akan menyebabkan pori-pori tersumbat dan berjerawat.

Minimalkan riasan yang Anda kenakan, terutama alas bedak dan concealer dengan formulasi berat bisa membantu.

"Anda tidak perlu menghindari riasan, tetapi sebaiknya gunakan riasan dengan alas bedak berbahan dasar air untuk mencegah pori-pori tersumbat di balik masker," kata Dr Budh-Raja.

BACA SELANJUTNYA

Hati-hati, Dokter Sebut Perubahan Kuku Bisa Jadi Tanda Kanker Kulit Langka!