Kamis, 28 Maret 2024
Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni : Kamis, 22 Oktober 2020 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Penularan virus corona Covid-19 bisa terjadi melalui kontak dekat dengan orang positif virus corona Covid-19. Mereka bersin, batuk atau berbicara yang membuat seseorang didekatnya bisa terkontaminasi.

Karena itu, semua orang disarankan untuk menjaga jarak agar tidak terkontaminasi virus corona Covid-19 dari orang yang sakit.

Dalam kasus ini, kontak dekat artinya menghabiskan waktu dengan seseorang yang terinfeksi virus corona atau berada di sekitar mereka tanpa menjaga jarak sosial.

Orang tidak akan tahu bahwa mereka terkena virus corona Covid-19, kecuali pelacak kontak memberi tahu mereka seseorang telah mengalami gejala tertentu.

Gejala virus corona Covid-19 biasanya meliputi suhu tinggi, batuk persisen, kehilangan atau perubahan indra penciuman dan rasa. Karena itu, seseorang disarankan isolasi mandiri bila muncul tanda-tanda peringatan itu.

Ilustrasi Virus Corona (Unsplash/CDC)

Jika sudah memahami gejala yang ada, seseorang biasanya diharuskan untuk melakukan karantina mandiri di dalam rumah tanpa kontak dari luar. 

Mereka yang memiliki gejala atau positif virus corona Covid-19 harus melakukan isolasi mandiri selama 10 hari. Sementara orang yang hidup bersama, kontak dekat atau pernah terpapar dengan orang positif virus corona juga harus melakukan isolasi selama 14 hari.

Menurut NHS dilansir dari Express, orang-orang  juga harus segera mengisolasi diri jika ada dalam situasi berikut ini:

1. Petuga medis yang mendeteksi virus corona memintanya mengisolasi diri
2. Aplikasi deteksi gejala virus corona memberinya peringatan untuk isolasi diri
3. Seseorang baru saja kembali setelah berpergian dari negara atau wilayah dengan kasus virus corona tertinggi

Virus corona Covid-19 telah terbukti mematikan bagi beberapa populasi, terutama orang tua yang memiliki penyakit kronis. Beberapa kondisi tertentu dari penderita mungkin masih diobati di rumah.

NHS merekomendasikan orang-orang untuk minum banyak cairan, istirahat, minum parasetamol atau ibuprofen jika demam. Anda juga bisa berbaring miring atau duduk tegak dan mencoba satu sendok teh madu untuk mengatasi batuk.

BACA SELANJUTNYA

Wacana Vaksin Booster ke-2 Berbayar, Seginikah Biayanya?