Selasa, 16 April 2024
Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana : Rabu, 07 Oktober 2020 | 11:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Masalah mulut bukan hanya akan berimbas pada pada kesehatan gigi dan gusi. Sebab mulut menjadi jalan masuk utama benda asing ke dalam tubuh.  Hal ini yang membuat kondisi kesehatan mulut bisa memicu berbagai masalah kesehatan lain. 

Melansir dari Absolute Dental, ada beberapa penyakit yang bisa disebabkan oleh ketidakbersihan atau kesehatan mulut dan gigi yang buruk, antara lain:

1. Penyakit Kardiovaskular

Memiliki kesehatan mulut yang buruk membuat seseorang berisiko terkena penyakit jantung. Jika gusi meradang karena bakteri yang menyebabkan penyakit periodontal, bakteri yang sama bisa masuk ke aliran darah yang bisa menumpuk di arteri dan membuatnya mengeras. 

Ilustrasi penyakit jantung. (Shutterstock)

Pengerasan arteri ini disebut aterosklerosis yang bisa menyebabkan masalah aliran darah dan penyumbatan jantung. Hal ini yang kemudian bisa meningkatkan risiko serangan serangan jantung. 

2. Demensia

Kesehatan mulut yang buruk dapat memengaruhi otak. Zat yang dilepaskan dari gusi yang meradang akibat infeksi justru dapat membunuh sel-sel otak dan menyebabkan hilangnya ingatan. 

Demensia dan bahkan Alzheimer bisa saja terjadi akibat radang gusi. Hal ini disebabkan oleh bakteri di mulut yang menyebar ke saluran saraf atau memasuki aliran darah.

3. Diabetes

Infeksi gusi yang menyebabkan penyakit periodontal pada gilirannya dapat membuat diabetes lebih sulit dikendalikan. Gejala diabetes dapat memburuk karena kadar gula darah yang tidak stabil akibat penyakit gusi. 

Sangat penting bagi penderita diabetes untuk menjaga kesehatan mulut mereka dengan baik agar dapat mencegah komplikasi diabetes. Penyakit gusi dapat menyebabkan kadar gula darah yang lebih tinggi dari biasanya. Oleh karena itu, kesehatan mulut yang buruk meningkatkan risiko terkena diabetes.

Ilustrasi perempuan hamil (Shutterstock).

4. Komplikasi Kehamilan

Sangat penting bagi ibu hamil untuk mempraktikkan kebersihan mulut yang baik. Perubahan hormonal dalam tubuh selama kehamilan dapat menyebabkan wanita lebih mudah mengalami infeksi mulut. 

Sementara setiap infeksi di tubuh ibu hamil bisa meningkatkan risiko komplikasi kehamilan. Masalah kesehatan mulut pada ibu seperti periodontitis dan gingivitis diketahui dapat menyebabkan kelahiran prematur dan berat badan rendah pada bayi. 

Penyakit gusi juga membuat ibu dan bayi berisiko mengalami masalah kesehatan yang serius.

5. Disfungsi Ereksi

Kebersihan mulut yang buruk menempatkan pria pada peningkatan risiko disfungsi ereksi. Penyakit periodontal kronis (CPD) diketahui berhubungan dengan disfungsi ereksi. 

CPD sendiri merupakan infeksi yang terjadi ketika gusi terlepas dari gigi di mana menciptakan kantong bakteri dan memungkinkan kuman menyebar ke tulang di sekitar gigi. Bakteri dari gusi yang sakit bisa masuk ke aliran darah dan menyebabkan pembuluh darah meradang. 

Peradangan inilah yang kemudian dapat menghalangi aliran darah ke alat kelamin yang menyulitkan terjadinya ereksi.

BACA SELANJUTNYA

Termasuk Hilangnya Rasa, Berikut Deretan Efek Covid-19 pada Kesehatan Mulut