Jum'at, 29 Maret 2024
Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni : Jum'at, 25 September 2020 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Sejauh ini gejala umum virus corona Covid-19 diketahui berupa batuk persisten, demam tinggi dan hilangnya indra penciuman serta pengecapan.

Tapi, ada pula pasien Covid-19 yang mengembangkan gejala lain. Menurut Aplikasi Studi Gejala Covid-19, hampir 10 persen pasien mengembangkan ruam baru di tubuh, jari tangan dan kakinya.

Lalu, lebih dari seperlima orang yang menggunakan aplikasi juga mendapat hasil tes swab positif virus corona Covid-19. Mereka yang positif Covid-19 juga mengembangkan ruam sebagai satu-satunya gejala.

Para ilmuwan yang meluncurkan aplikasi dari King's College London, telah mendesak pemerintah untuk menambahkan ruam ke dalam daftar gejala virus corona Covid-19.

Sehingga publik akan lebih sadar mengenai hubungan antara ruam dan virus corona Covid-19. Kesadaran ini tidak hanya mengurangi jumlah tes positif virus corona, tetapi juga akan menyelamatkan nyawa banyak orang.

Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Shutterstock)

"Berkat jutaan pengguna aplikasi, kami bisa dengan cepat mengonfirmasi hubungan antara ruam kulit dan virus corona Covid-19," kata pemimpin aplikasi gejala Covid-19, Tim Spector dikutip dari Express.

Tapi, waktu munculnya ruam juga berkaitan dengan gejala virus corona Covid-19 lainnya, serta jenis ruam berbeda pada kelompok usia yang berbeda.

"Kami sangat berterima kasi kepada semua pengguna aplikasi yang memberikan gambar kondisi ruam kulitnya terkait virus corona. Kami telah meminta pemerintah untuk menambahkan ruam kulit ini ke dalam daftar gejala umum virus corona," jelasnya.

Adapun jenis ruam kulit yang paling umum terkait virus corona Covid-19 mirip dengan masalah kulit akibat gatal-gatal. Ruam lainnya termasuk ruam jenis cacar air atau ruam biang keringat.

Bahkan ada pula ruam di jari kaki terkait virus corona Covid-19 yang bisa berkembang di ekstremitas. Kondisi ini telah disamakan dengan chilblains, peradangan pembuluh darah yang muncul ketika kedinginan.

BACA SELANJUTNYA

Mungkinkah Orang Terinfeksi Cacar Air Dua Kali Seumur Hidup? Ini Kata Ahli!