Jum'at, 29 Maret 2024
Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana : Jum'at, 04 September 2020 | 19:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Tak perlu pakai banyak strategi, hanya dengan memikirkan orang tersayang saja sudah bisa meredekan stres. Hal ini dilaporkan oleh studi dari The American Institute of Stress (AIS).

Melansir dari laman resmi AIS, penelitian ini telah diterbitkan dalam Psikofisiologi. Penelitian ini menunjukkan bahwa hanya memikirkan pasangan saat menglami gejala stres bisa menurunkan tekanan darah.

Dalam hal ini, Anda tidak memerlukan orang yang dicintai berada secara fisik untuk membantu meredakan stres. Anda hanya perlu memikirkannya untuk merasa memiliki dukungan orang yang Anda cintai saat melewati masa-masa sulit.

Para peneliti menemukan bahwa peserta yang menghabiskan waktu dengan pasangan dan peserta yang hanya memikirkan pasangannya sama-sama menunjukkan penurunan tekanan darah dengan kadar yang sama. 

Jika Anda lajang atau jomblo, jangan khawatir, Anda bisa memikirkan orang yang membuat Anda merasa didukung seperti keluarga atau sahabat. Penelitian sebelumnya juga telah menggambarkan pentingnya hubungan non-romantis dalam menjaga stres.

Satu studi menemukan bahwa mendengarkan suara ibu memiliki manfaat menurunkan stres setara dengan melihatnya secara langsung. Penelitian juga menunjukkan bahwa perasaan didukung oleh orang yang dicintai dalam bentuk apapun dapat membantu mengurangi efek stres. 

Ilustrasi Pasangan PDKT (Pixabay/mina6120)

Hal ini menunjukkan bahwa menghabiskan waktu bersama, menelepon atau bahkan hanya memikirkan orang favorit Anda bisa meredakan stres. Tetapi, selain memikirkan orang yang disayang, stres juga bisa diredakan dengan berbagai cara lain.

Dikutip dari Themindsjournal, berikut enam hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi stres mental, yakni:

  • Berolahraga teratur
  • Sering tertawa keras
  • Makan makanan sehat
  • Berlatihlah mengatakan tidak pada sesuatu yang tidak dikehendaki
  • Selain itu, stres juga bisa diredakan dengan istirahat yang cukup dan memperlakukan diri dengan baik

BACA SELANJUTNYA

Ingin Punya Kesehatan Mental yang Bagus? Hiatus dari Media Sosial selama Seminggu Saja!