Kamis, 02 Mei 2024
Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni : Jum'at, 12 Juni 2020 | 17:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Virus corona Covid-19 menyerang setiap orang dengan cara berbeda-beda. Beberapa orang bisa mengalami gejala ringan dan lainnya menderita parah.

Adapun gejala umum virus corona Covid-19, termasuk batuk persisten, demam tinggi atau sesak napas. Anda juga bisa berisiko terinfeksi virus corona Covid-19 bila bibir terlihat mengalami perubahan warna, seperti membiru.

Seorang dokter telah memeringatkan seseorang ada kemungkinan terinfeksi virus corona Covid-19 bila bibirnya membiru atau wajahnya membiru.

Menurut Mayo Clinic yang dilansir oleh Express, bibir biru bisa menjadi tanda infeksi virus corona Covid-19 karena pneumonia, yang merupakan komplikasi dari virus tersebut.

Ilustrasi virus corona. [Shutterstock]

NHS juga menambahkan bahwa kesulitan bernapas bisa menyebabkan bibir biru atau wajah biru. Dalam kondisi ini, seseorang harus mengunjungi dokter untuk mengetahui diagnosis pastinya.

"Tanda dan gejala virus corona Covid-19 bisa muncul 2 hingga 14 haru setelah paparan. Tingkat keparahan gejala Covid-19 bisa berkisar dari ringan hingga parah," kata NHS.

Beberapa orang mungkin hanya mengalami beberapa gejala, sedangkan lainnya mungkin tidak mengalami gejala virus corona Covid-19 apapun.

"Jika Anda memiliki tanda dan gejala Covid-19 darurat, segeralah mencari perawatan medis. Gejala darurat Covid-19 bisa mencakup kesulitan bernapas, nyeri adada, kebingungan dan bibir biru," jelasnya.

Bibir biru sendiri lebih mungkin disebabkan oleh infeksi bila Anda mengalami gejala virus corona Covid-19. Anda lebih mungkin terinfeksi virus Covid-19 bila bibir biru diserta demam tinggi dan batuk.

Beberapa pasien juga bisa mengalami gejala virus corona seperti diare, sakit kepala hingga ruam kulit yang tersebar luas.

BACA SELANJUTNYA

Infeksi Cacar Monyet 100 Kali Lebih Menyakitkan Daripada Covid-19, Ini Pengakuan Penyintas!