Jum'at, 19 April 2024
Yasinta Rahmawati : Sabtu, 23 Mei 2020 | 07:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Silaturahmi dari rumah ke rumah saat Hari Raya Idul Fitri sudah menjadi tradisi bagi banyak orang. Namun nampaknya tradisi tersebut akan sedikit berbeda pada tahun ini karena adanya pandemi corona Covid-19.

Sebab dengan adanya pandemi ini membuat pemerintah menerapkan aturan jaga jarak hingga larangan beribadah di masjid untuk sementara.

Maka dari itu, pemerintah menganjurkan tidak bersilaturahmi secara fisik terlebih dahulu di hari Lebaran. Diharapkan silaturahmi dilakukan lewat media sosial dahulu.

Namun karena tradisi silaturahmi sudah lekat dengan Lebaran, mungkin akan masih ada masyarakat yang melakukan silaturahmi dari rumah ke rumah. Jika demikian, saat silaturahmi warga harus tetap mematuhi  protokol kesehatan.

Protokol kesehatan tersebut antara lain tetap jaga fisik, rajin cuci tangan dan jaga kebersihan serta mengenakan masker.

Lantas, perlukah tetap pakai masker di rumah ketika Lebaran?

Secara keseluruhan, lebih sering menggunakan masker adalah hal yang baik, menurut para dokter, dilansir dari Health.

Artis pakai masker kain. (Instagram/@therealdisastr)

"Mengenakan masker membantu mencegah tetesan pernapasan menyebar sejauh mungkin dibanding tanpa masker," kata Lisa M. Lee, PhD , seorang ahli kesehatan masyarakat yang berspesialisasi dalam infeksi epidemiologi penyakit dan etika kesehatan masyarakat di Virginia Tech.

Sehingga meski di rumah saja saat Hari Raya Idul Fitri, ada baiknya untuk tetap memakai masker. Terlebih jika sanak saudara maupun teman Anda berkunjung ke rumah untuk silaturahmi. Sebab kita tidak tahu apakah para tamu yang datang adalah pembawa virus atau tidak.

Selain itu, masker ini bekerja paling efektif ketika semua orang memakainya.

"Kecuali jika Anda tidak dapat menerapkan jarak fisik dan memiliki banyak teman serumah yang pergi dan datang sepanjang waktu. Dalam skenario itu, Anda semua harus memakai masker," kata Suzanne Willard , PhD, associate dekan untuk kesehatan global, dikutip dari Health.

Ilustrasi maaf-maafan saat lebaran. (Shutterstock)

Itu artinya, dengan memakai masker, Anda melindungi orang lain yang berkunjung untuk silaturahmi begitupun sebaliknya.

Jadi, meskipun pakai masker di rumah saat Lebaran tampaknya merupakan pilihan pribadi, keputusan tersebut adalah langkah yang dapat diambil untuk upaya preventif keluarga terkait Covid-19.

BACA SELANJUTNYA

Ilmuwan Akhirnya Menemukan Sumber Pertama Pandemi Covid-19, Benar di Wuhan?