Jum'at, 29 Maret 2024
Rendy Adrikni Sadikin : Senin, 06 April 2020 | 10:49 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Tak bisa dipungkiri, semakin tua seseorang, daya tahan tubuhnya akan semakin berkurang. Ini membuat orang tua atau lansia mudah terpapar oleh berbagai macam virus termasuk virus corona.

Sekadar informasi, orang lanjut usia (lansia) adalah salah satu kelompok yang rentan tertular virus corona. Penyebabnya tak lain karena sistem kekebalan tubuh mereka semakin melemah.

Kondisi ini belum ditambah dengan penyakit bawaan lain yang biasanya menyerang kelompok lansia seperti diabetes, penyakit jantung, dan lain sebagainya. Jika tidak hati-hati, orang-orang tersayang seperti kakek dan nenek bisa terpapar virus corona dan akibatnya bisa fatal.

Meski begitu, anak muda bisa ikut membantu mencegah penularan virus corona ke orang tua. Caranya pun tidak sulit asal bisa dilakukan secara rutin dan disiplin.

Untuk lebih jelasnya, di bawah ini adalah cara lengkap mencegah kakek dan nenek terpapar virus corona seperti disarikan dari infografis di akun Instagram DKI Jakarta @dkijakarta.

Cara mencegah lansia terpapar corona (Instagram).

Cara Mencegah Lansia Tertular Virus Corona:

1. Berikan pemahaman sederhana kepada orang tua tentang apa itu virus corona dan COVID-19. Usahakan untuk memakai bahasa yang mudah dipahami.

2. Jika tinggal dalam satu rumah, pakai masker dan jaga jarak dengan orang tua supaya mereka tidak tertular virus.

3. Usahakan menu makan untuk orang tua adalah makanan yang sehat seperti sayuran, buah-buahan, dan multi-vitamin.

4. Jangan izinkan orang tua keluar dari rumah/panti wreda/senior living dan minta mereka untuk berjemur di bawah matahari setiap pagi.

5. Pastikan orang tua telah beristirahat cukup dengan tidur minimal 6-8 jam sehari.

6. Jika sering berobat rutin ke RS/Puskesmas/Klinik, tunda dulu sampai situasi aman. Sebaliknya, sediakan obat-obatan yang cukup di rumah.

7. Jaga kondisi lingkungan tetap bersih. Pastikan ventilasi udara berfungsi dengan baik dan cahaya matahari bisa masuk ke dalam rumah.

8. Tunda acara seperti arisan, reunian, rekreasi, belanja, dsb. Pastikan orang tua tetap di rumah selama masa pandemi corona.

9. Keluarga atau kenalan yang beresiko terpapar COVID-19 tidak boleh mendekati lansia. Apabila mendesak, pastikan orang yang mendekat (maksimal 2 orang) sudah mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak minimal satu meter.

10. Hanya orang-orang sehat tanpa riwayat terpapar virus corona yang bisa mendampingi lansia sebagai caregiver.

11. Ajak lansia berkegiatan menyenangkan supaya tidak stres.

BACA SELANJUTNYA

Kontrol Dampak Gejala Long Covid-19, Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini!