Kamis, 28 Mei 2020
Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana : Kamis, 02 April 2020 | 15:00 WIB

Himedik.com - Wabah Covid-19 membuat banyak orang merasa tertekan, apalagi harus terus berada di rumah. Rasa tertekan ini yang kemudian akan memicu stres yang sering kali dilampiaskan dengan makan. 

"Orang-orang mungkin merasa stres berada di kantor karena pekerjaan banyak, lalu pulang dan makan banyak untuk melepaskan stresnya," kata ahli diet, Bonnie Taub-Dix.

"Tetapi sekarang mereka bisa  makan sepanjang hari (karena bekerja di rumah)," tambahnya.

Melansir dari CNN, ada beberapa cara untuk mengontrol makan saat stres, antara lain:

1. Kontrol Pemicu Stres

Sebagai contoh, Anda merasa stres setiap kali membaca atau menonton berita terkait pandemi corona. Maka, cobalah untuk mulai menguranginya.

Bisa juga dengan cara tidak meladeni teman atau kerabat yang membuat Anda kesal.

"Mungkin kurangi melihat berita atau beri tahu teman bahwa Anda hanya punya waktu lima menit untuk berbicara," saran Martha McKittrick RD, seorang ahli diet berlisensi di New York.

2. Catat Pola Makan

Apabila Anda tidak yakin pemicu utama stres, maka saatnya mengatur pola makanan favorit dalam sebuah catatan.

"Sertakan apa yang Anda makan, kapan, berapa banyak, di mana Anda duduk atau berdiri dan dengan siapa," kata seorang pakar diet, Carolyn O'Neil.

Catatan tersebut harus ditulis dengan jujur sehingga Anda bisa mengenali pola makan Anda saat mengalami stres. Dengan begitu, Anda bisa menyeimbangkan makanan-makanan favorit yang tidak sehat dengan makanan yang lebih sehat.