Jum'at, 19 April 2024
Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni : Kamis, 05 Maret 2020 | 21:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Penyebaran virus corona Covid-19 yang semakin pesat membuat masyarakat berbondong-bondong membeli masker bedah untuk mencegah penularan virus.

Padahal ada beberapa cara untuk mencegah penularan virus corona Covid-19 yang dianggap lebih ampuh, yakni menjaga kebersihan dengan mencuci tangan pakai air dan sabun.

Tapi, Anda mungkin lupa bahwa virus dan penyakit juga berkaitan dengan daya tahan tubuh seseorang. Sistem kekebalan tubuh yang lemah bisa membuat seseorang lebih rentan terinfeksi virus dan penyakit.

Sayangnya, sistem kekebalan tubuh bisa rusak karena banyak hal, seperti stres, racun, kurang olahraga dan konsumsi makanan tidak sehat.

Berikut ini 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh demi mencegah penularan virus corona seperti yang dilansir oleh Psychology Today.

1. Mengurangi stres

Saat stres, tubuh akan menghasilkan hormon stres yang mengganggu sistem kekebalan tubuh. Jadi, salah satu cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah mengurangi stres.

Pastikan Anda memiliki keseimbangan kerja dan kehidupan yang layak, beristirahat dengan baik dan rilekskan tubuh.

ilustrasi stres (Shutterstock)

2. Tidur saat lelah

Usahakan selalu tidur atau istirahatkan tubuh Anda ketika kelelahan. Karena, kurang istirahat bisa meningkatkan stres dan berdampak pada sistem kekebalan tubuh. Jangan paksakan tubuh tetap bekerja dengan mengonsumsi kafein terus-menerus.

3. Konsumsi vitamin

Beberapa makanan bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, seperti jeruk, bawang putih, brokoli dan bayam.

Jika sistem kekebalan tubuh Anda melemah, cobalah mengonsumsi vitamin, seperti Vitamin C, Vitamin B, Vitamin D dan Seng.

4. Mengurangi peradangan

Gula, daging olahan, minyak nabati dan alkohol termasuk makanan yang menyebabkan peradangan. Jika seseorang mengalami peradangan, maka kondisi ini akan memengaruhi sistem kekebalan. Karena itu, lebih baik hindari makanan yang menyebabkan peradangan.

5. Olahraga

Olahraga juga salah satu cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tapi, terlalu banyak olahraga juga bisa membuat stres pada tubuh dan memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Jadi, Anda perlu mengimbangi waktu olahraga dan istirahat.

Catatan Redaksi: Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang benar soal virus corona Covid-19, sila hubungi Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081212123119.

BACA SELANJUTNYA

Waspada dengan Varian Virus Corona Ini, Lebih Berisiko Menyebabkan Long Covid!