Rabu, 08 April 2020
Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah : Sabtu, 15 Februari 2020 | 07:00 WIB

Himedik.com - Hidup sehat dan panjang umur tentu menjadi keinginan sebagian besar orang. Agar terwujud, coba hilangkan lima kebiasaan buruk ini, yaitu merokok, tidak berolahraga, kelebihan berat badan, minum terlalu banyak alkohol dan makan makanan tidak sehat.

Itu adalah kesimpulan dari sebuah studi pada Januari 2020 lalu yang menganalisis dampak dari perilaku buruk di atas terhadap peluang hidup yang lebih lama dan terbebas dari diabetes, penyakit kardiovaskular, kanker dan penyakit kronis lainnya.

"Kami menemukan bahwa mengikuti gaya hidup sehat secara substansial dapat memperpanjang kehidupan seseorang yang bebas dari penyakit," kata penulis senior Dr. Frank Hu, yang mengepalai departemen gizi di Sekolah Kesehatan Publik Harvard TH Chan.

"Secara khusus, wanita yang mempraktikkan semua lima kebiasaan (di atas) mendapat 10 tahun kehidupan bebas penyakit, dan pria mendapatkan hampir 8 tahun," tambahnya kepada CNN.

Penelitian ini merupakan perpanjangan dari penelitian yang diterbitkan tahun lalu, diikuti lebih dari 38.000 pria selama 28 tahun dan 73.000 wanita selama 34 tahun.

berhenti merokok. (Shutterstock)

Lebih detilnya, lima perilaku sehat tersebut adalah tidak pernah merokok, menjaga BMI sehat di bawah 25, melakukan setidaknya 30 menit aktivitas fisik setiap hari, minum alkohol secukupnya, dan mengonsumsi makanan berkualitas.

Hasilnya tetap berlaku bahkan setelah menyesuaikan data untuk usia, etnis, riwayat kesehatan keluarga dan faktor-faktor yang berpengaruh lainnya,

"Ini adalah pesan kesehatan yang positif karena itu berarti kebiasaan gaya hidup sehat tidak hanya memperpanjang usia, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup dan mengurangi penderitaan yang berkaitan dengan penyakit kronis," kata Hu.