Rabu, 08 April 2020
Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni : Jum'at, 14 Februari 2020 | 17:00 WIB

Himedik.com - Banyak orang tidak mengetahui kalau konsumsi makanan tertentu pada waktu yang tidak tepat bisa berbahaya. Meskipun makanan itu kaya nutrisi hingga vitamin yang menyehatkan tubuh.

Pemilih waktu yang tidak tepat untuk mengonsumsi makanan tertentu ini, bisa membuat makanan yang tadinya sehat menjadi tidak sehat.

Menurut penelitian yang dilansir oleh Bright Side, beberapa makanan bisa menyebabkan masalah usus hingga pencernaan karena dikonsumsi pada waktu yang tidak tepat.

1. Nasi putih

Nasi putih mengandung banyak karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna. Karena, nasi putih membuat kita tetap energetik untuk waktu yang lama.

Karena itu, lebih baik mengonsumsi nasi putih dalam jumlah banyak di siang hari dan menguranginya di malam hari agar tubuh mudah mencerna.

Ilustrasi nasi. [Shutterstock]

Jeruk salah satu buah yang kaya vitamin dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Tetapi, konsumsi buah jeruk setelah makan utama justru meningkatkan pembentukan asal yang bisa menyebabkan masalah pencernaan, seperti mulas, perasaan berat di perut dan memperlambat penyerapan nutrisi.

3. Daging

Daging adalah sumber protein dan vitamin B yang baik. Tetapi, daging bisa membebankan pencernaan jika dikonsumsi sebelum tidur.

Karena itu, lebih baik mengonsumsi daging tanpa lemak setidaknya 3 jam sebelum tidur. Daging tanpa lemak ini bisa membuat rasa kenyang dan tidak mengandung kalori dalam jumlah berlebihan.

Anda bisa makan daging sepanjang hari untuk mendapatkan protein yang cukup. Tetapi, jangan mengonsumsinya di pagi hari karena terlalu sulit bagi tubuh mencernanya.

Ilustrasi susu. (Shutterstock)

Banyak orang sudah terbiasa minum susu di pagi hari sebelum memulai aktivitas. Tetapi, minum susu di pagi hari bersamaan dengan sarapan bisa menyebabkan mulas dan sakit perut, karena sulit dicerna. Sehingga lebih baik minum susu di malam hari sebelum tidur.

5. Apel

Buah apel yang tinggi serat dan asam alami bisa meningkatkan fungsi pencernaan dan usus besar. Tetapi, konsumsi apel di malam hari bisa membuat asamnya menumpuk di perut dan menyebabkan ketidaknyamanan.

Selain itu, makan apel di malam hari juga bisa menyebabkan pembentukan gas berlebihan dan masalah buang air besar. Karena itu, lebih baik mengonsumsi apel di pagi hari.