Rabu, 15 Juli 2020
Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah : Rabu, 12 Februari 2020 | 08:00 WIB

Himedik.com - Selebriti Lucinta Luna ditangkap polisi atas dugaan penyalahgunaan narkoba. Dalam penggeledahan di Apartement Thamrin City, polisi menemukan tiga butir narkoba jenis ekstasi. Pemeriksaan urine Lucinta Luna pun menunjukkan selebriti ini positif mengonsumsi zat psikotropika benzodiazepine.

Benzodiazepine atau benzo merupakan jenis obat penenang yang cukup umum digunakan oleh pasien dengan gangguan mental. Obat ini juga digunakan untuk mengobati berbagai kondisi lain, termasuk kecemasan serta insomnia.

Dilansir Medical News Today, penggunaan jangka pendek dari obat ini umumnya aman dan efektif. Tapi, untuk penggunaan jangka panjang akan menimbulkan efek samping, potensi toleransi, serta ketergantungan.

Dikutip dari laman American Family Physician, risiko besar dari penggunaan benzo selain ketergantungan adalah:

Ilustrasi obat terlarang [shutterstock]

1. Gangguan kognitif

Benzodiazepine menyebabkan efek samping akut, seperti kantuk, peningkatan waktu reaksi, ataksia (gangguan gerakan tubuh akibat adanya masalah otak), inkoordinasi motorik dan anterograde amnesia.

Selain itu, sebuah studi menemukan bahwa penggunaan jangka panjang dari benzo adalah penurunan kognitif bahkan setelah tiga bulan berhenti menggunakannya.

2. Risiko kecelakaan saat berkendara

Risiko mengemudi saat masih dalam pengaruh benzo hampir sama dengan risiko mengemudi dalam pengaruh alkohol berkadar 0,050% dan 0,079% dalam darah.

Artis Lucinta Luna ditangkap aparat Satnarkoba Pilres Jakarta Barat, di sebuah apartemen, diduga terkait kasus kepemilikan narkoba, Selasa (11/2/2020) pagi. [dokumentasi]

3. Tulang pinggul patah

Benzodiazepine meningkatkan risiko tulang pinggul patah pada orang tua hingga 50%.

Banyak pasien meremehkan tingkat kerusakan yang disebabkan oleh benzodiazepine. Padahal, benzo ini dapat menyebabkan overdosis, terlebih ketika dikombinasikan dengan obat penenang lain seperti opioid atau alkohol.

Inilah sebabnya benzo umumnya tidak boleh diresepkan terus menerus selama satu bulan.

BACA SELANJUTNYA

Lucinta Luna Idap Dysphoria Gender, Ketahui Penyebab Penyakit Ini