Minggu, 31 Mei 2020
Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni : Selasa, 17 Desember 2019 | 07:00 WIB

Himedik.com - Vidi Aldiano yang sedang menderita kanker ginjal akhirnya melakukan operasi pengangkatan ginjal kiri. Meski begitu, ia pun tetap harus menjaga pola makannya.

Sebelumnya, Vidi Aldiano mengabarkan bahwa dirinya baru didiagnosis kanker ginjal beberapa pekan lalu melalui Instagramnya.

Selain Vidi Aldiano, Yuanita Rohali, ibu dari Alika Islamadina juga diketahui pernah menderita kanker ginjal 5 tahun lalu, tepatnya 2014.

Walaupun Vidi Aldiano sudah melakukan operasi untuk mengatasi kanker ginjalnya. Penderita kanker ginjal seperti Vidi tetap membutuhkan nutrisi yang tepat untuk membantu tubuh tetap kuat.

Orang dengan kanker ginjal mesti menjaga asupan makannya. Adapun makanan yang sebaiknya dihindari penderita kanker ginjal seperti yang dilansir dari Healthline, antara lain:

Vidi Aldiano operasi pengangkatan ginjal kiri (Instagram/@yuanitarohali)

Garam bisa mengganggu keseimbangan cairan dalam tubuh dan menyebabkan tekanan darah tinggi. Selain itu, makanan tinggi garam juga dapat memperburuk fungsi ginjal.

Adapun makanan tinggi garam seperti makanan cepat saji, makanan kaleng, serta camilan asin.

2. Makanan tinggi fosfor

Fosfor adalah elemen kimia yang diperlukan untuk menjaga kekuatan tulang. Namun, orang dengan kanker ginjal bisa mengalami penumpukan elemen ini dalam aliran darah yang menyebabkan gejala seperti gatal dan nyeri sendi.

Kalau Anda sedang menderita kanker ginjal, lebih baik kurangi konsumsi makanan tinggi fosfor seperti biji dan kacang polong.

3. Jangan minum terlalu banyak air

Overhydrating juga dapat menyebabkan masalah baru bagi penderita kanker ginjal. Berkurangnya fungsi ginjal bisa mengganggu produksi urine dan menyebabkan tubuh menahan terlalu banyak cairan.

Oleh karena itu, usahakan memantau asupan cairan sehingga Anda tidak mengonsumsi dalam jumlah berlebihan.