Kamis, 25 April 2024
Yasinta Rahmawati : Sabtu, 14 Desember 2019 | 13:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Saat berada di tempat dengan cuaca dingin, keinginan untuk kencing atau pipis kerap muncul. Karenanya, frekuensi pergi ke toilet pun menjadi lebih sering. Para ahli percaya bahwa kondisi sering kebelet pipis saat cuaca dingin disebut cold diuresis.

Dilansir dari Daily Star, ini adalah saat tubuh kita, organisme pintar, beradaptasi begitu kita terpapar suhu atau cuaca dingin.

Dalam cuaca dingin, tubuh kita mencoba mempertahankan suhu intinya dengan vasokonstriksi. Jadi pada dasarnya ini adalah proses yang dilalui tubuh Anda untuk mengatur dirinya sendiri ketika suhu turun.

Dr. Diana Gall, dari layanan online Doctor 4 U, mengatakan kepada Metro bahwa respons biologis ini mengarahkan darah ke inti untuk menciptakan kehangatan. Sementara ginjal melepaskan cairan ekstra untuk menstabilkan tekanan.

"Dan proses inilah yang meningkatkan produksi urin, memberi Anda dorongan untuk lebih banyak kencing di musim dingin," terangnya.

Seorang lelaki kencing di toilet. [shutterstock]

Namun di sisi lain, dr. Gall menjelaskan bahwa terlalu sering ke toilet dapat menyebabkan masalah, sebab dapat merusak keseimbangan garam alami, air dan mineral tubuh Anda.

"Ini dapat menyebabkan kondisi seperti 'hiponatremia', ketika tidak ada cukup natrium dalam tubuh, atau 'hiperkalemia', terlalu banyak kalium, dan 'hipokalemia', tidak cukup kalium," ungkapnya.

Dia menambahkan jika ketiga kondisi ini dapat berakibat fatal dalam keadaan ekstrem. Dr. Gall menyarankan penderita cold diuresis untuk membungkus hangat tubuh dan menghindari berdiri di luar dalam cuaca dingin untuk waktu yang lama.

Meski demikian, ahli medis tetap menganjurkan untuk minum lebih banyak cairan saat cuaca dingin agar tetap terhidrasi dengan baik.

BACA SELANJUTNYA

Cuaca Dingin Tingkatkan Risiko Serangan Jantung, Kok Bisa?