Jum'at, 29 Maret 2024
Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah : Rabu, 11 Desember 2019 | 13:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Buah naga awalnya tumbuh di Meksiko, Amerika Selatan dan Tengah, kemudian Prancis membawanya ke Asia Tenggara pada awal abad ke-19. Buah ini juga memiliki 2 varietas, yaitu kuning dan merah.

Di Indonesia sendiri, buah naga juga disukai banyak orang karena rasanya yang manis dan sedikit asam. Dalam program diet, buah naga biasanya dijadikan smoothie bowl yang kaya akan nutrisi.

"Bukan kandungan vitamin C yang membuat buah ini memiliki potensi kesehatan, melainkan asam lemaknya dan fosfor," tutur Kevin Meehan, praktisi holistik dan pemilik Klinik Kesehatan Teton Valley di Jackson, Wyo.

Melansir Medical Daily, buah naga memiliki manfaat sebagai berikut.

1. Anti-aging

Buah naga mengandung antioksidan yang baik karena votamin C-nya. Antioksidan sangat penting untuk menjaga kulit tetap kencang dan kenyal.

Tidak hanya itu, kandungan fosfor pada buah naga dapat mencegah penuaan dini.

“Salah satu pengatur penting dalam sel kita membutuhkan fosfor, dan phospolipid adalah komponen utama membran sel. Ini bisa membantu mencegah penuaan dini,” katanya.

Buah naga (freedigitalphotos/SOMMAI)

2. Pencegah kanker

Selain vitamin C, buah naga mengandung karoten yang memiliki sifat sebagai anti-karsinogenik. Karsinogen merupakan senyawa yang dapat menyebabkan kanker.

Selain itu, likopen yang membuat warna merah pada buah naga diketahui menurunkan risiko kanker prostat.

3. Stabilkan gula darah pada penderita diabetes

Tingginya jumlah serat dalam buah eksotis ini dapat membantu menstabilkan kadar gula darah seseorang. Buah naga juga membantu menghambat lonjakan gula yang terjadi setelah makan makanan indeks glikemik tinggi.

4. Bagus untuk pencernaan

Buah naga memiliki kandungan serat yang signifikan, yang berarti dapat meningkatkan melancarkan pergerakan pada usus ke saluran pencernaan. Konsumsi buah eksotis ini dapat membantu mengurangi kemungkinan kondisi seperti sembelit dan sindrom iritasi usus.

5. Kesehatan kardiovaskular

Buah naga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, sebab buah ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baiknya.

Studi 2010 yang diterbitkan dalam jurnal Pharmacognosy Research menunjukkan konsumsi buah naga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan mengembangkan tekanan darah tinggi.

BACA SELANJUTNYA

Kate Middleton Umumkan Dirinya Menderita Kanker, Tepis Semua Konspirasi Liar yang Beredar