Sabtu, 20 April 2024
Yasinta Rahmawati : Rabu, 13 November 2019 | 10:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Minum air putih adalah cara terbaik untuk mengisi kembali cairan yang hilang setelah berolahraga. Namun biasanya apa yang kamu pilih? Air dingin atau air putih dengan suhu ruang?

Otoritas olahraga seperti American College of Sports Medicine dan International Society of Sports Nutrition merekomendasikan agar meneguk air atau minuman dingin lainnya usai olahraga.

Seperti dirangkum dari Very Well Fit, ada beberapa alasan untuk rekomendasi ini. Selain itu, jika Anda bekerja di lingkungan yang panas, air dingin lebih disarankan daripada air suhu kamar.

1. Menjaga suhu tubuh
Minum air dingin atau minuman olahraga dingin membantu menunda atau mengurangi kenaikan suhu tubuh yang dapat menghambat ketahanan atau latihan kekuatan.

2. Air dingin punya rasa lebih nikmat
Air dingin membuat seseorang cenderung minum lebih banyak dan minum lebih sering, sehingga membantu mencegah dehidrasi. Sebab dehidrasi dalam jumlah kecil dapat mengganggu kinerja atletik.

Ilustrasi: Saat olahraga penuhi cairan tubuh dengan memperbanyak minum air agar tak dehidrasi. (Shutterstock)

3. Kalori terbakar
Tubuh Anda mengeluarkan sedikit lebih banyak energi untuk menghangatkan air dingin hingga suhu tubuh. Efeknya kecil, dengan perkiraan mulai dari 5 hingga 18 kalori untuk segelas air es 16 ons. Jika Anda mengulangi ini sepanjang hari sbanyak lima gelas atau lebih, Anda dapat membakar kalori sebanyak berjalan satu mil. Namun perlu diingat, ini tidak lantas menjadi pengganti olahraga.

BACA SELANJUTNYA

Jangan Diabaikan, Ini 5 Tanda Tubuh Tak Pernah Olahraga dan Kurang Bergerak!