Jum'at, 19 April 2024
Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah : Minggu, 22 September 2019 | 09:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Memberikan susu kepada balita memang tak boleh sembarangan. Baru-baru ini, ahli mengimbau orang tua agat tidak memberikan susu berbasis tumbuhan (selain kedelai)  seperti susu kelapa, susu beras, atau susu oat sebagai pengganti susu sapi.

Dokter anak di sebuah yayasan nasional untuk makanan sehat memeringatkan pengganti susu berbasis tumbuhan, sebenarnya bukanlah pengganti susu.

Susu sapi mengandung jauh lebih banyak daripada kalsium, dan keseimbangan vitamin D, kalsium, B12, kalium dan protein, di antara nutrisi-nutrisi lainnya yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

Berdasarkan laporan Healthy Drinks Healhty Kids, pengganti susu ini mungkin memiliki nutrisi. Namun ini bervariasi dan dapat mencairkan nutrisi yang diperoleh anak dari minuman sehat.

"Susu nabati yang berbasis tanaman tidak direkomendasikan sebagai pengganti susu sapi lengkap untuk anak-anak karena kandungan gizi susu ini sangat bervariasi," tulis penulis pedoman, melansir Daily Mail.

Ilustrasi Susu berbasis nabati (Pixabay/Couleur)

"Dengan pengecualian susu kedelai yang diperkaya, susu ini (berbasis tumbuhan) bukan pengganti nutrisi yang memadai untuk susu sapi, yang memiliki banyak nutrisi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan yang sehat," sambungnya.

Di sisi lain, tubuh memproses setiap jenis makanan secara berbeda, dan struktur serta komponen susu sapi membuat nutrisi lebih 'tersedia secara hayati', dalam terminologi ahli gizi.

Terlebih lagi, banyak dari produk pengganti susu sapi juga ditambah dengan gula atau pengganti gula.

Produk-produk ini seharusnya menyantumkan gula tambahan dalam informasi gizi, tetapi mungkin ini tidak selalu jelas bagi orang tua.

Jika Anda memang membeli alternatif susu manis, yang terbaik adalah memastikan bahwa gula tidak termasuk di antara tiga bahan pertama yang tercantum pada label.

"Untuk anak-anak usia satu hingga lima tahun, susu nabati mungkin berguna bagi mereka yang alergi atau tidak toleran terhadap susu sapi, tetapi pilihan pengganti susu harus berkonsultasi dengan dokter anak atau ahli gizi terdaftar untuk memastikan bahwa pola mkan anak Anda menyediakan sisa nutrisi yang dibutuhkan tubuh yang tumbuh."

BACA SELANJUTNYA

3 Nutrisi Penting untuk Menjaga Kekebalan Tubuh, Ini Saran Ahli Gizi