Kamis, 28 Maret 2024
Vika Widiastuti : Jum'at, 20 September 2019 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Apakah Anda sering mandi setelah makan? Namun, banyak yang mengatakan jika hal ini tidak boleh dilakukan karena menyangkut kesehatan, benarkah?

Ternyata, baik ayurveda maupun sains memiliki alasan khusus di balik hal ini. Mandi setelah makan disebut bisa menunda pencernaan karena darah di sekitar perut mulai mengalir ke bagian tubuh lainnya.

Menurut Ayurveda, seperti yang dilansir dari timesofindia, suhu panas dalam tubuh akan diaktifkan saat Anda makan untuk membantu proses pencernaan. Namun, jika Anda segera mandi setelahnya, suhu tubuh akan turun dan proses pencernaan akan melambat.

Sementara berdasarkan ilmu kedokteran, suhu tubuh akan turun setelah mandi. Karena tubuh dingin, ia harus bekerja ekstra untuk mempertahankan suhu standar untuk membantu pencernaan. Hal ini mengakibatkan pencernaan melambat, saat darah yang membantu pencernaan, mulai mengalir ke bagian tubuh lainnya.

Bukan hanya memperlambat pencernaan, hal ini juga menyebabkan ketidaknyamanan dan kegelisahan.

Ilustrasi makan bersama. [shutterstock]

Meski belum ada penelitian konklusif yang berfokus pada dampak mandi setelah makan, kepercayaan kuno mangatakan, seseorang harus menunggu setidaknya 2-3 jam setelah makan untuk mandi.

Idealnya, seseorang harus mandi sebelum makan karena membuat Anda segar dan siap makan.

BACA SELANJUTNYA

Ingin Punya Kesehatan Mental yang Bagus? Hiatus dari Media Sosial selama Seminggu Saja!