Rabu, 03 Juni 2020
Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni : Sabtu, 07 September 2019 | 07:00 WIB

Himedik.com - Kanker usus termasuk kanker yang berbahaya dan bisa menyebabkan kematian sehingga perlu diwaspadai. Kanker ini juga paling rentan menyerang wanita setelah kanker payudara

Menurut NHS dilansir dari Express, kanker usus termasuk kanker yang paling umum diderita masyarakat Inggris. Sebagian besar penderita kanker usus berusia 60 tahun.

Tetapi, kanker usus ini juga tak menutup kemungkinan bisa menyerang orang lebih muda. Termasuk wanita segala usia berisiko terserang penyakit kronis ini.

Apalagi gejala kanker usus sering kali tak disadari oleh penderitanya. Karena, belum tentu kanker usus ini membuat kondisi tubuh Anda tidak sehat.

Seperti yang Anda ketahui, gejala kanker usu termasuk perubahan kebiasaan buang air besar terus-menerus hingga sakit perut berkepanjangan.

Kanker usus besar (kolorektal). (Shutterstock)

Dalam hal ini, banyak orang mungkin kurang memperhatikan perubahannya dalam buang air besar maupun wujud kotorannya. Padahal hal ini bisa menandakan gejala awal kanker usus.

Contohnya, jika kotoran Anda berbau busuk. Kotoran yang berbau busuk memang pertanda bahwa usus bekerja dengan baik untuk menghilangkan bakteri jahat dan lainnya.

"Bau kotoranmu benar-benar normal. Bau itu pertanda bahwa usus bekerja keras untuk menghilangkan bakteri jahat, serat, sel-sel mati dan racun dalam tubuh," jelas seorang dokter dari klinik Taymount.

Namun, Anda patut mencurigai ketika bau kotoran Anda berubah dan itu berlangsung sangat lama. Beberapa hal mungkin saja memengaruhi wujud dan bau kotoran Anda, salah satunya diet.

"Bau kotoran juga bergantung dengan asupan makanan Anda, terutama jika diet. Anda perlu meningkatkan jumlah sayur harian Anda jika kotoran berbau menyengat," jelasnya.

Di sisi lain, bau busuk dan aneh dari kotoran Anda bisa jadi tanda peringatan awal kanker usus. Jika bau kotoran Anda sudah aneh dan menyengat berkepanjangan, ada baiknya berkonsultasi pada dokter.

Apalagi jika kotoran Anda berawarna gelap dan disertai darah. Hal itu bisa menunjukkan kondisi yang lebih serius.